Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Yang Berkah, Yang Dibagi

on December 9, 2013

Pagi ini saya dikejutkan dengan barisan semut yang masuk ke kamar saya. Setelah saya ikut merunut barisan tersebut saya kaget ternyata semut2 itu menuju kepada sebuah tas furing berisi mangga. Menyakitkan sekali ternyata dua mangga di kamar saya sudah mulai membusuk (baru bagian atasnya sih)… tapi dari kejadian itu saya bisa jadi mengambil pelajaran..

Coba saya kasih mangga itu ke temen kos, kan jadinya dimakan manusia bukan dimakan semut (eh tapi mungkin emg jd rejekinya semut kali ya…). Tapi akan lebih bermanfaat kalau itu dimakan manusia kan… Ceritanya beberapa hari ini sy pulang lebih malam dari biasanya karena berbagai agenda akhir kepengurusan dan akhir semester sehingga tidak punya banyak waktu untuk makan mangga2 yg saya bawa dari rumah dan parahnya sy juga lupa ngasih ke temen kos…lebih tepatnya saya lupa kalo msh pny beberapa mangga. Kesimpulan awalnya: emang belum ada niat sungguh2 buat ngasih ke temen2 kos ditambah sifat pelupaan yang tiba2 suka kambuh… lengkaplah mangga2 itu menjadi rejekinya semut..

Kalau diperluas, semua nikmat dr Allah (mungkin) akan lebih berkah kalau dibagi. Contohnya harta kita. Kalau hanya kita simpan, maka tidak akan membawa banyak keberkahan, berbeda kalau harta yang kita punya itu disedekahkan… selain Allah menjamin harta akan bertambah, harta yang kita sedekahkan akan bisa bermanfaat bagi orang lain, memberi kemudahan, dan bahkan bisa menjalankan roda ekonomi.

Nikmah sehat dan waktu luang juga akan lebih berkah kalau kita gunakan untuk hal2 yang bermanfaat baik untuk diri sendiri atau orang lain. Sebaik2 manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Maka bagi2lah diri dan waktu kita untuk orang lain juga.. artinya, kita melakukan hal2 yang bermanfaat bagi orang lain misalnya nyapu kos, nganter temen, bantu bawain barang, jadi temen curhat, ngajarin materi kuliah, dll…

Jadi, kalo mau bagi2, kalo mau bantu orang lain.. jangan ditunda-tunda ya 🙂

Leave a Reply

