Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Mimpi

Terima kasih telah mengajariku
sebuah mantra sakti, “tidak ada
mimpi yang terlalu tinggi”
Masih dan akan kuingat hari ini,
esok, dan seterusnya..

Dan Allah, Dialah yang maha tahu,
mimpi-mimpi mana yang
diwujudkan, mana yang ditunda,
dan mana yang diganti dengan
kenyataan yang lebih indah.. entah
yang aku tuliskan, ikrarkan, atau
bisikkan dalam hati..

Gantungkan mimpimu ke langit,
dan hiduplah sebagai manusia.

Dan kini, mimpi itu aku jalani bersamamu… 🙂

Leave a comment »

Sahabat

Ketika lembaran baru terbuka, maka tertutuplah lembar sebelumnya. Bukan hilang, hanya berganti halaman. Apa2 yang telah tertulis akan tetap abadi.. kita sampai di halaman baru, karena kita telah melewati halaman2 sebelumnya.. maka halaman2 itulah yang mengantarkan kita sampai di titik ini..

Orangtua, sahabat, suami, anak, guru, murid, tetangga… mereka bukan untuk dibanding2kan, melainkan untuk sama2 dicintai, dimuliakan… mereka semua mempunyai andil dalam kehidupan kita, melengkapinya hingga jadi sempurna..

Sahabat, meski kehidupan akan berubah.. aku masih akan tetap seperti yang dulu, mencintaimu dengan rasa imanku.. namamu akan tetap menghiasi doa cinta ini..

Juga, kelak akan aku perkenalkan kalian kepada orang2 terkasihku bahwa bersama kalian, istri dan ibu mereka pernah bertumbuh bersama.. saling berkaca.. melukis mimpi.. bila kelak aku menjadi istri dan ibu yang baik, maka kalian mempunyai peran didalamnya..

Leave a comment »

(Belajar) Memasak :)

Ceritanya lagi suka belajar masak, dan ternyata saya cukup berbakat juga dalam urusan masak memasak, hoho.. *membahagiakan diri sendiri.

Yang pertama, ini adalah asem2 telur (tapi gak pake tomat dan santen, hehe, jadi namanya apa ya?). Di percobaan pertama ini cukup gagal karena saya telat masukin air jadinya agak gosong, tapi alhamdulillah.. tidak terlalu mengecewakan.. rasanya pedas manis begitulah..

image

Menu kedua adalah omelet sayuran. Setelah bingung membayangkan gimana masak sayurnya, akhirnya nemu di internet.. dan taraaa.. jadilah omelet sayur. Pas buat sarapan atau bekal.. sayurnya bisa diganti2 dan dicampur2 beraneka warna.. maap tengahnya pecah2, ceritanya adegan pembalikan tidak berjalan mulus..

image

Menu ketiga adalah… sop. Yap, makanan sehat yang elegan dan bagus di mata, maksudnya sayurannya bisa dibuat berwarna-warni jadinya nyenengin…

image

Dan menu keempat.. rica2. Ini adalah masakan tersukses saya dan rasanya enak banget (menurut saya sih) hoho..

image

Ternyata memasak itu menyenangkan.. 🙂

Leave a comment »

Sugeng Ambal Warso Prof. Pomo

image

Hooo.. kok itu potonya yang muncul? #maap narsis dulu (otoritas pemilik blog hehe)

Jadi saya mau cerita tentang UGM dan prof.pomo, salah satu dosen saya di UGM yang sudah sangat senior sekali. Tanggal 6 kemarin beliau genap berusia 80 tahun.. saya bari seperempatnya lebih 2 tahun.. panjang umur prof pomo 🙂

image

Sudah menjadi rahasia umum bahwa UGM suka merayakan sesuatu. saya sudah beberapa kali mengikuti sejenis perayaan begitu di UGM. Yang pertama perayaan purnabakti doktor Inyo Fernandez diperingati dgn seminar sehari bersama gurunya Dr.Inyo, yaitu prof.bernd nothofer..
Setelah itu, ulang tahun prof.faruq dirayakan dlm sebuah diskusi ilmiah di Pusat Studi Kebudayaan. Lalu, waktu ada pegawai FIB yang pindah ke fakultas lain juga ada sejenis syukuran.. lalu yg terakhir ini ultah ke 80 prof.pomo dibingkai dalam seminar internasional.. mungkin inilah cara UGM “ngajeni” orang2 didalamnya..

Dalam seminar tgl 5-6 kemarin, murid2 prof pomo baik yang sudah profesor, doktor, atau masih mahasiwa berkumpul di UC mempersembahkan karya2nya untuk dipresentasikan dalam seminar internasional, disaksikan langsung sang mahaguru.. betapa bahagia, baik prof pomo maupun murid2nya..

Dengan kapasitasnya sebagai linguis senior, prof pomo sangat rendah hati dan membuka ruang diskusi bersama mahasiswa2nya.. beliau hampir tidak pernah menyalahkan pendapat2 kami.. namun beliau meluruskannya dengan sangat bijaksana. Jadinya kami tenang kalau kuliah sama beliau..

Dalam seminar itu, beliau jg dikukuhkan sebagai bapak sosiolonguistik indonesia atas jasanya menemukan teori komponen tutur OOE MAU BICARA yang banyak dijadikan acuan hingga sekarang..

Banyak doa terlantun untukmu, eyang dan bapak kami.. semoga ilmumu menjadi amal jariyah kelak di akhirat.. dan semoga kami bisa menjadi generasi penerusmu.. 🙂

Leave a comment »

Ingat, Lakukan!!

Baru saja mengalami kejadian yang ‘memilukan’ (ehem, lebay -,-), lebih tepatnya memilukan bagi mereka yang terkena akibatnya..

Ceritanya mbak endum minta dibawain novel 99 cahaya di langit eropa. Sudah 3 minggu tiap saya pulang pasti lupa bawain. Dalam dua kesempatan sy sudah ingat, tp tidak kunjung saya masukkan ke tas. Dalam kesempatan terakhir malah bukunya sdh saya siapin dan sdh saya taruh di atas lemari siap dimasukin tas.. eh karena tidak kunjung dimasukkan kedalam tas akhirnya… ketinggalan lagi -,-

Cerita kedua, pagi ini sy janji membawakan buku2 teman sy yang saya bawa. Pagi ini sebelum ke kampus, sy sdh ingat betul mau membawa.. tapi tidak kunjung diambil dan dimasukkan kedalam tas. Akhirnya ketinggalan lagi. Dan, akibatnya nanti pas break saya harus balik ke kos untuk mengambilnya.. jadi kurang efektif kan?

Bagi orang2 yang sering tiba-tiba jadi ‘pelupa’ seperti saya (dan teman2 yang lain *nyari temen), sangat penting untuk segera melakukan sesuatu segera setelah kita mengingatnya.. kembali ke nasihat lama: jangan ditunda-tunda!! Lakukan segera!!

4 Comments »

Yang Berkah, Yang Dibagi

Pagi ini saya dikejutkan dengan barisan semut yang masuk ke kamar saya. Setelah saya ikut merunut barisan tersebut saya kaget ternyata semut2 itu menuju kepada sebuah tas furing berisi mangga. Menyakitkan sekali ternyata dua mangga di kamar saya sudah mulai membusuk (baru bagian atasnya sih)… tapi dari kejadian itu saya bisa jadi mengambil pelajaran..

Coba saya kasih mangga itu ke temen kos, kan jadinya dimakan manusia bukan dimakan semut (eh tapi mungkin emg jd rejekinya semut kali ya…). Tapi akan lebih bermanfaat kalau itu dimakan manusia kan… Ceritanya beberapa hari ini sy pulang lebih malam dari biasanya karena berbagai agenda akhir kepengurusan dan akhir semester sehingga tidak punya banyak waktu untuk makan mangga2 yg saya bawa dari rumah dan parahnya sy juga lupa ngasih ke temen kos…lebih tepatnya saya lupa kalo msh pny beberapa mangga. Kesimpulan awalnya: emang belum ada niat sungguh2 buat ngasih ke temen2 kos ditambah sifat pelupaan yang tiba2 suka kambuh… lengkaplah mangga2 itu menjadi rejekinya semut..

Kalau diperluas, semua nikmat dr Allah (mungkin) akan lebih berkah kalau dibagi. Contohnya harta kita. Kalau hanya kita simpan, maka tidak akan membawa banyak keberkahan, berbeda kalau harta yang kita punya itu disedekahkan… selain Allah menjamin harta akan bertambah, harta yang kita sedekahkan akan bisa bermanfaat bagi orang lain, memberi kemudahan, dan bahkan bisa menjalankan roda ekonomi.

Nikmah sehat dan waktu luang juga akan lebih berkah kalau kita gunakan untuk hal2 yang bermanfaat baik untuk diri sendiri atau orang lain. Sebaik2 manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Maka bagi2lah diri dan waktu kita untuk orang lain juga.. artinya, kita melakukan hal2 yang bermanfaat bagi orang lain misalnya nyapu kos, nganter temen, bantu bawain barang, jadi temen curhat, ngajarin materi kuliah, dll…

Jadi, kalo mau bagi2, kalo mau bantu orang lain.. jangan ditunda-tunda ya 🙂

Leave a comment »

Kuasa Diksi

Mungkin bagi kebanyakan orang, diksi tidak memegang peranan penting bahkan tidak mengerti apa itu diksi. Tapi bagi orang yang sensitif, sebuah kata bisa merusak segalanya..
*akhirnya menemukan lagi satu fungsi belajar linguistik hehe

Bandingkan kalimat ini:
“Aku gak jadi ikut..,

Dengan kata ini:
“Aku gak ikut..”

Nah lho.. kata ‘jadi’ yang nangkring di atas itu bisa berakibat fatal. Kata itu menyiratkan bahwa awalnya orang yang bicara itu ingin ikut, tapi karena suatu hal akhirnya tidak jadi ikut..nah ‘hal’ yang menyebabkan itu baru bisa dipahami berdasarkan konteks yg sama2 dipahami kedua belah pihak. hal itu bisa menimbulkan ketersinggungan, prasangka, atau mungkin sakit hati..

Lalu siapa yg salah, saya lebih suka menyalahkan diksinya, bukan orangnya… *lho? Biarlah kita salahkah diksi, toh dia gak akan marah kalo disalahin. Kalo nyalahin orangnya bisa bahaya… persatuan dan kesatuan harus tetap diutamakan!!!

Leave a comment »

Kecil-Kecil Cabe Ijo

Kali ini pengen cerita tentang adik sepupu saya Ari Ratna Cahyani, 20thn, perempuan, sedang menempuh S1 jurusan PGSD di UMS (bukan promosi lhoo hehe) dan kegemarannya berpetualang.

image

Semua hal bisa berubah bahkan terjadi sebaliknya. Kalo boleh cerita (harus boleh!) Dulu adik saya ini masa kecilnya sakit2an. Keluar masuk dokter anak sudah jadi makanan sehari-hari. Itulah mengapa, mungkin, yg menyebabkan dia sampai sekarang tetap menjadi anak2 (lho? *maksudnya secara fisik, hehe). Diantara cucu2 simbah saya, dik Ari adalah yang paling cute, hehe..

image

Tapi jangan salah, walaupun masa kecilnya sakit2an, ternyata… sekarang dia bisa dikatakan yg paling bugar dan paling pemberani diantara keempat cucu simbah. Ingat benar waktu itu kami sekeluarga sedang hiking ke Lawu.. dan malamnya dik Ari gak tahan dingin sampe harus diungsikan di rumah penduduk, sementara kami tetap menikmati dinginnya malam. Dan paginya, dik Ari tidak bisa berjalan karena kakinya kaku kaku sakit.. akhirnya dia pake tongakt dan berjalan seadanya ala2 simbah2… *ngakak

Lain dulu lain sekarang. Ketika dulu saya punya mimpi menggebu2 ingin mendaki gunung.. ternyata sampai skrg malah belum kesampaian -,-
Disaat yang bersamaan si kecil dik Ari malah sudah mendaki gunung Lawu, Ungaran, Merbabu, dan Merapi juga (kalo ndak salah, heuheu)..

image

Sedikit bocoran, adik saya ini sedikit alay bin lebay (piss), lihat saja gayanya ketika mendaki merbabu -,-

image

Leave a comment »

Keluarga ILC

image

Dan sampailah saatnya menuliskan pesan dan kesan tentang mereka..di akhir kebersamaan ini.

Dari Mas Teddy aku belajar bahwa kediktatoran tidak selamanya buruk, hehe. Selalu konsisten dengan apa yang dikatakan dan sangat profesioanal dalam bekerja. Teringat beberapa kali beliau rushing antarkota demi memenuhi janjinya pada kami..

image

Dari Mbak Oliph aku belajar ketelatenan dan kesabaran. Satu lagi, keteguhan memegang prinsip dalam keuangan sebisa mungkin sesuai dengan syariah..hehe

Dari mbak dewi aku belajar tentang toleransi..

image

Dari mbak windi aku belajar tentang menjadi orang yang easy going..

Dari mas iqbal aku belajar untuk menjadi orang yang santai dan penuh canda..

image

Dari mas saad aku belajar menjadi orang yang selalu ceria..

Dari mas izzul aku menyadari bahwa didunia ini ada orang dengan tingkat “gak ketulungan”

Dari mas nugroho aku salut bahwa dia bisa menghadapi kepedean selangit dengan sabarnya..

image

Dari mbak mega aku belajar untuk selalu tertawa dan akrab..

Dari mbak amin aku belajar menjadi seseorang yang suka membantu dengan senang hati..

Dari silta aku belajar berbagai jenis kegalauan hehe..

Dari mbak suci aku melihat sosok cerdas dan tangguh..

image

Dari mas aziz aku belajar tentang sosok yang tenang, punya solusi, dan ‘bisa diandalkan’ juga low profile

Dari Aushie aku belajar tentang persahabatan yang tulus, jiwa penuh tanggungjawab dan semangat tak kenal lelah..

Dari mbak waway aku belajar tentang sosok yang selalu siap sedia dan ramah…

Dari Abha aku melihat sosok cerdas yang rendah hati dan selalu ceria..

Dari mas Ahsan dan ilham aku melihat semangat dan antuasisme yg membara..

image

Dari mas Zaki, ceri dan geng teknik elektro aku melihat sosok2 humoris yang selalu menyenangkan..

Dari wito dan ian aku melihat semangat yang tinggi utk belajar dan bermanfaat..

Perpisahan memang sering menyadarkan kita betapa berharganya pertemuan dan kebersamaan..

Alhamdulillah, bahagia dipertemukan dengan kalian.. 🙂

image

Leave a comment »