Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Alhamdulillah, semuanya dipermudah..

on October 28, 2013

“Jangan bangga dengan kemudahan, jangan menyerah dengan ujian” kira-kira begitulah kesimpulan yang saya ambil dari obrolan kami (saya dan seorang dosen UGM) siang ini. Ceritanya kami lagi cerita-cerita (ya iyalah..) dan sampailah saya bercerita tentang project saya.

“Alhamdulillah Bu, sejauh ini project saya lancar2 saja, tidak ada hambatan berarti. Rasanya mengalir lancar saja begitu..”

Setelah beliau mengucapkan selamat. Dimulailah tausiyah dari beliau… intinya begini:

“Tapi jangan karena mudah2 saja menjadikan kamu santai2 ya. Banyak yang awal2nya mudah tapi belum tentu proses2 selanjutnya. Kan baru awal2 kan project kamu? Artinya, tetap bersiap siaga dan serius mengerjakan project kamu..jangan sampai menjadikan kamu terlena apalagi ‘gampangke’ ya. Ingat, ini belum selesai. Perjalanan kamu masih panjang.. tetap fokus, tetap serius, lakukan yg terbaik dgn kualitas terbaik. Jangan sampai, kalau nanti ada hambatan sedikit saja bisa menggagalkan kamu..”

Ya… dan kembali diingatkan hari ini, bahwa hidup itu tidak pernah lepas dari ujian. Semua kemudahan yang saya dapatkan bisa jadi juga adalah ujian. Apakah saya tetap serius dan memberikan kualitas terbaik dalam hal ini? Ataukah saya memberikan ‘sekenanya saja’? Bisa jadi, kenapa harus bekerja terlalu keras kalau dengan santai2 saja bisa mendapatkan apa yang kita harapkan.. astagfirullah.. tidaklah pantas menjadi umat terbaik melakukan pekerjaan sekenanya saja, astagfirulah..

Maka, segala kemudahan adalah juga ujian. Akankah kita tetap dengan kualitas terbaik dalam keadaan mudah? Apakah kita akan tetap menjadi hamba yang bersyukur? Apakah keimanan dan takwa kita akan terus bertembah? Dan sejatinya, segalau ujian itu adalah bahasa cintaNya. Agar kita menjadi hamba yang lebih berkualitas. Agar kita makin dekat dan mengenalNya. Agar kita makin bertakwa.

Ya Allah, jangan jadikan kami hamba yang lalai dan melemah kualitasnya karena segala kemudahan yang Engkau berikan, melainkan jadikanlah segala kemudahan itu sebagai motor peningkatan kualitas hidup, ketakwaan, dan tanggungjawab kami.

Ya Allah, jangan jadikan kami menyerah dan futur karena ujian. Kuatkanlah kami dalam melewatinya, hingga kami menjadi hambaMu yang lulus dan terus meningkat kualitasnya.

Aamiin..

Semoga kita bersyukur atas segala kemudahan yang diberikan oleh-Nya. Menjadikannya alasan untuk lebih mencintaiNya…lebih dari sebelumnya…jangan kemudahan ini menjadikan kita sombong, melainkan kita makin tawadhu: betapa kecil kita dihadapanNya, apalah kita tanpa pertolonganNya.. apalah kita tanpa keataatan kepadaNya..

Semoga kita selalu dikuatkan, dengan apapun yang akan kita hadapi kedepan, senantiasa menjadikan kesabaran dan khuznudan sebagai kawan kita. Luruskan niatnya, kuatkan takwanya πŸ™‚

Semoga Allah memberi banyak kemudahan yang membangun kita dan makin menguatkan kita dalam ujian πŸ™‚

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: