Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Perempuan

on October 25, 2013

Ehmm…ehmm…kalau beliau lebih muda dari saya, mungkin sudah saya ceramahi sampai pagi.
Pada waktu itu, kelahiran keponakan saya, perempuan.. semuanya berbahagia, tapi di tengah kebahagiaan itu saya mendengar orang2 yang berkata:

“Lho kog perempuan, gak kayak vit* (nama seorang bayi laki-laki)”

“Yo wis rapopo, suk yo entuk mantu lanang.”

Aaaaa… waktu itu saya ingin marah. Kata2nya mengganggu kebahagiaan saya (mungkin juga keluarga saya). So what kalau perempuan? Apakah kalo punya anak laki-laki itu udah paling hebat? Please deh.. kenapa masih membawa pemikiran (maaf) jahiliyah di masa sekarang. Sekali lagi maaf..

Laki-laki dan perempuan itu sama di mata Allah. Siapa yang lebih baik? Yang kelak lebih bertaqwa. Jadi, urusannya bukan kita punya anak laki-laki atau perempuan. Urusannya adalah apakah kita akan bisa mendidik anak kita dengan benar atau tidak. Itu. Apakah kalau punya anak laki-laki itu udah paling wow gitu? Iya, bisa jadi kalau bisa mendidik dengan baik.. mjd anak yg solih cerdas dan membanggakan orang tua, kalau tidak? Masih mau membangga2kan diri..

Well, kita semua lahir dari rahim wanita. Bahkan nabi sekalipun dilahirkan oleh wanita. Kita tumbuh dari kasih sayang seorang wanita. ya, laki-laki diberi kelebihan dalam hal pemikiran… tapi tapi…bukan laki-laki yg menjadi tiang negara melainkan wanita. Ya, laki-laki adalah pemimpin bagi wanita… tapi sehebat2 apapun laki-laki akan tunduk di depan wanita, di depan ibunya, karena surganya dibawah telapak kaki ibunya. Ya, laki-laki lebih kuat fisiknya tapi dia tidak bisa melahirkan dan menyusui bukan? Tanpa bermaksud membanding2kan mana yang lebih baik. Laki-laki dan perempuan itu sama, punya tanggungjawab masing2.

Jadi, kalau kelak kita punya anak, entah laki-laki atau perempuan. Yang perlu kita pikirkan adalah kita harus bisa menjadikan anak-anak kita umat terbaik. Menjadi laki-kali atau perempuan yang terbaik.

Jangan lagi ada komentar “kecewa” tentang anak perempuan. Kepada mereka ingin saya katakan: kelak perempuan2 inilah yg akan melahirkan generasi penerus yang tidak lagi mewarisi pemikiran jahiliyah… (sekali lagi maaf bila menyinggung, barangkali orangnya membaca suatu saat..)

Astagfirullah, semoga Allah mengampuni saya dan apa yang saya tulis bila terdapat kesalahn didalamnya.

Leave a Reply

