Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Kampus Indonesia

on October 25, 2013

image

Terdampar di kampus Gadjah Mada, saya belajar tentang Indonesia. Dari teman2 saya yang sebagian besar berasal dari luar Jawa. Dulu saya heran, bisa2nya orang Jawa jadi minoritas disini haha.. mahasiswa disini berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari mereka saya bisa mengenal lebih dekat wilayah-wilayah jauh..

Inilah kampus Indonesia, kata seorang guru besar di FIB. Universitas Indonesia boleh saja ada di Jakarta, tapi universitas INDONESIA itu ada disini, Jogja. Bukan bermaksud pula membangga2kan kampus ini. Saya bangga, iya, tapi saya tetap lebih mencintai UNS 🙂 tapi ketika berbicara soal Indonesia, UGM memang tempat yang tepat.

Saya lebih percaya bahwa di Indonesia ini ada ratusan bahasa, ada banyak pulau, ada banyak suku, banyak budaya, ada banyak karakter pemuda didalamnya.. kami bercerita tantang kebiasaan disini dan disana, tentang tempat2 menarik, tentang pulau-pulau yang indah.

image

Saya jadi tau karakter dan gaya2 orang Indonesia, baik yang dari wilayah barat, tengah, dan timur. Belum lagi, setelah liburan kelas kami akan banjir makanan khas daerah masing-masing :). Kalau ada acara2 di UGM kemasannya selalu menarik dan saya bilang: totalitas, mungkin berkat pemikiran banyak kepala dari wilayah berbeda2 sehingga hasilnya oke punya.

Semuanya datang ke kampus ini dengan satu tujuan. Belajar… untuk memajukan bangsa, insyaAllah..

Tapi, bukan berarti di kampus ini hanya ada kelebihan. Tentu, pasti ada kekurangannya. Saya sering mempunyai ekspektasi yg terlalu tinggi thd kampus ini, padahal biasa saja…

Dimanapun kita belajar, tetap kitalah yang memegang kendali atas pilihan kita. Belajar di Oxford sekalipun kalau kita hanya tidur, namaya buang2 uang!! Tetap, kitalah yang belajar, kitalah yang kelak mempertanggungjawabkan apa yang kita dapat. Kitalah yang kelak bekerja di masyarakat.. kita, dengan otak kita, dengan hati kita.

Leave a Reply

