Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Akumulasi

on October 22, 2013

Ada teman saya yang mendapat beasiswa penelitian ke Leiden University. Ada juga yg pengen banget tapi belum kesampaian, alias tidak lolos, yah karena ndak daftar sih 🙂

Malam ini kami mengobrol (sama yg gak dapet beasiswa),
“Emang pantes banget sih dia dapet yang ke Leiden. Kamu bs lihat sendiri perjuangan dia, mimpi dia sejak lama, usaha dia, doa dia untuk itu. Dia aktif disana sini, berkarya disana sini, ikut ambil bagian disana dan disini. Walo sejak dulu yg dia lakukan bukan berbau Leiden, tapi akhirnya Leiden menjadi gongnya. Akumulasi dari semua ikhtiar dan doa dia. Sekarang Allah sudah menjawabnya, di saat yang tepat, di tempat yg tepat. Mungkin dia dulu hanya membayangkan luar negeri. Maka Allah menyempurnakan bayangan itu, Leiden… salah satu pusat studi linguistik. Hebat bukan cara Allah?”

“Hehe, terus kamu gimana?”

“InsyaAllah aku bisa kesana suatu saat.”

“Aamiin…”

——

Begitulah, barangsiapa berjalan di jalannya maka dia akan sampai. Untuk mencapai surga, ibaratkan begitu, kita tidak bisa hanya solat sepanjang masa. Kita juga harus bermuamalah, berbakti, bermasyarakat. Sama halnya, untuk mendapatkan beasiswa, kita tidak bisa hanya nguplek2 aplikasi beasiswa seumur hidup. Ada amalan-amalan lain yang perlu juga kita tunaikan, hak2 orang lain, hak2 dan kewajiban kita sbg makhluk sosial. Lalu, usaha2 itu akan terakumulasi dalam terwujudnya mimpi… ”

#maaf kalau kesimpulannya mengambang. Intinya… tetaplah bergerak, suatu saat akan terakumulasi. Biar Allah yg menentukan kapan, dimana, dan bagaimana. Keep praying and believing!! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: