Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Kebenaran vs ‘Kebenaran’

on October 19, 2013

Kadang kita dihadapkan pada pilihan: membela kebenaran atau menjaga kerukunan. Seringkali kebenaran tidak didukung oleh mayoritas (jika kebenaran itu merugikan), maka orang2 yang berpegang pada kebenaran akan menjadi minoritas. Jadilah kesalahan menjadi benar, dan berpegang pada kebenaran menjadi sebuah pilihan yang salah.

Oh, duniaaa…

Ketika minoritas ingin menuntut kebenaran, akan ada ancaman dari mayoritas (karena kebenaran yang terungkap akan merugikan mayoritas). Lalu apa jadinya si minoritas? Dia memenangkan kebenaran tapi disisi lain dia semakin membuat posisinya salah. Sudah mengambil ‘pilihan yang salah’ ditambah ‘melakukan kesalahan’ dengan mengungkap kebenaran.

Akhirya si minoritas akan berharap agar sang pemilik kuasa menyadari adanya kecurangan berjamaah itu dan bisa menegakkan keadilan. Bila tidak, maka makin meranalah si minoritas. Sudah salah karena berpegang pada kebenaran, makin rugi karena ternyata pemilik kuasa melancarkan kecurangan (disengaja atau tidak). Maka, hatilah2 para pemilik kuasa…

Andai..
Semua manusia menyadari aturan dan menjadikannya pedoman dalam berperilaku.

Dan saat si minoritas disini memilih diam demi menjaga keutuhan dan persatuan, di sana ada sekelompok kecil orang yang tetap memperjuangkan kebenaran… meski mereka dicibir, meski mereka dibicarakan kesana kemari..

Mana yang lebih mulia?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: