Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

More than (just) learning

on September 29, 2013

Bicara tentang kuliah.. kuliah itu tidak melulu kita belajar, menghabiskan banyak waktu di perpustakaan dan melahap buku-buku materi kuliah. Kalau begitu keadaannya, maka tidak heran kalau nantinya akan terbentuk manusia-manusia pintar yang lurus. Ya, benar2 lurus.. mungkin tanpa memandang sekitarnya, tanpa banyak menyapa, tanpa melihat ke kanan dan kekirinya..

Bagi saya, kuliah bukan sekedar belajar.. meski itu adalah yang utama.

Kuliah adalah proses mengenal. Ada banyak hal yang bisa kita kenal dalam dunia perkuliahan. Di UGM teman2 saya hampir berasal dari seluruh indonesia. Disinilah saya mengenal banyak bahasa, budaya, hobi, hingga pemahaman dalam agama.. suatu hal yang harus dibayar mahal apabila saya harus mengunjungi satu per satu di daerah asalnya. Maka sembari kuliah, kamipun menyemai ukhuwah..

Kuliah ada proses belajar dari manusia-manusia dewasa. Siapa? Dosen2 kita. Betapa sering kita memuji dosen2 kita dan juga mungkin tidak memuji yang lainnya, karena beberapa faktor. Yah, itu manusiawi.. maka ketika ada yang hebat dari dosen, baiknya kita kembangkan diri kita seperti itu dan bila ada yang kurang disuka, setidaknya kita juga menghindari sifat tersebut. Kelak kita akan (dianggap) mempunyai khasanah keilmuan yang luas, disaat itulah kita punya tanggung jawab lebih.. memelihara, menyampaikan, dan menjaga kemanfaatannya.

Kuliah adalah tempat dimana dakwah bersemi indah. Di perkuliahan saya kian mengerti dan menyelami dakwah (walo gak dalem2), hingga saya sangat bersyukur ada dalam barisan ini. Saat ini saya ingin, jikalau tidak bisa memberikan banyak manfaat, setidaknya saya tidak menjadi orang yang merobohkannya.

Kuliah adalah momen pengembangan diri. Ketika masih kuliah, banyak sekali kesempatan tercipta bagi kita untuk mengasah kemampuan, untuk menajamkan pikiran, membuka cakrawala. Kita cenderung msh mempunyai cukup waktu luang untuk berorganisasi, berbagi, mencoba hal2 baru, dll..

Kuliah adalah saat lebih mengenal diri sendiri dan mengukuhkan jati diri. Saatnya tidak malu dan tidak takut mengatakan ‘inilah saya’ dan disaat yang sama juga tidak ragu untuk membantu yang lain, untuk bertoleransi..

Bila kuliah hanya sekedar belajar pelajaran, tak perlulah kampus2 itu didirikan, tak perlulah mereka datang dari berbagai pelosok negeri, karena kuliah itu belajar tentang kehidupan..

Cheers.

Leave a Reply

