Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Izin Allah..

on September 23, 2013

Satu kalimat intinya adalah “tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang terjadi tanpa seijin Allah. Dan apa2 yang sudah diijinkan oleh Allah terjadi atas kita adalah yang terbaik.”

Memahami kembali kejadian kemarin. Niatnya bercanda, tapi ternyata ada yang kurang berkenan dengan candaan saya. Saya tipe orang yang cukup mudah tersinggung, tapi saya juga tidak suka menyinggung-nyinggung orang lain (kan tau kalau tersinggung itu nggak enak). Tapi, apalah daya, kita tidak bisa mengetahui perasaan dan suasana hati orang lain. Bisa jadi obrolan dan candaan kecil yang biasa saja menjadi tidak biasa pas lagi badmood, bisa jadi kan. Itulah..

Salah satu hal yang membuat galau itu adalah ketika ada orang yang kita sakiti (entah sengaja atau tidak). Bisa jadi kesalahan itu menjadi penghalang meningkatnya amalan kita atau bahkan menjadi penghalang masuk surga, karena ada hati yg belum ikhlas.. bisa jadi itu terhapus dengan kata maaf, tapi namanya luka tidak selalu bisa sembuh sempurna, terkadang pula meninggalkan bekas yang tidak pernah hilang..

Akhirnya, saya mencoba berpikir positif (setelah minta maaf tentunya..). Bahwa pertama, kejadian kemarin terjadi atas izin Allah dan pasti Dia mempunyai rencana yang indah untuk saya (dan orang lain tentunya). Kami bertemu juga ats izinNya. Kedua, setelah melakukan kesalahan (sekalipun tanpa maksud sengaja), yang bisa kita lakukan adalah meminta maaf dan kerelaan dari yang tersakiti. Karena kata yang terucap tidak bisa ditarik lagi. Ketiga, mengambil pelajaran. Bahwa Allah sedang mengajari saya untuk lebih peka terhadap kondisi orang lain, agar lebih hati2 memilih kata, agar lebih santun dalam bercanda. Allah ingin saya belajar langsung dr pengalaman sendiri. Dan, bagi orang lain yang merasa tersinggung, semoga ‘kesalahan’ saya menjadikan pahala kebaikan baginya.. dengan begitu, kedepan kami bisa lebih mengenal dan mengerti satu sama lain.. Dan terakhir, setelah itu harus ada niat dan aksi nyata untuk berubah, memperbaiki kesalahan dengan akhlak yang lebih baik..

Bila Allah sudah mengijinkannya terjadi, apakah masih berani kita mengeluhkannya berlebihan. Pasti ada maksudNya yang indah.. bila dengan memberikan ‘masalah’ Allah ingin saya mendapatkan hikmah dan pelajaran, apakah masih berani saya protes.. bila dengan memberikan rasa takut dan was-was Allah hendak menggugurkan dosa, apakah masih pantas saya meragukan kebaikan takdirNya..

Semoga Allah melapangkan hati-hati kita untuk menerima hikmah dariNya. Semoga Allah menguatkan persaudaraan kita. Semoga setelah ini kita lebih memahami, lebih terbuka dalam rangka saling mengingatkan, lebih baik dari sebelumnya..

Leave a Reply

