Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Masih sedikit vs tinggal sedikit

on August 9, 2013

Pagi ini mendapat sms dari kakak guru tentang kehidupan… lalu kamipun sedikit bercerita tentang mimpi-mimpi dan saling mendoakan (indahnya ukhuwah dalam dekapan islam…saling memotivasi dan mendoakan). Ketika saya ditanya tentang mimpi saya, saya menjawab:
” insyallah perjalannya masih agak panjang.”
Lalu, beliau mengatakan:
“Bukan masih agak panjang, tapi tinggal sedikit lagi.”

Glekk. Saya tersihir dengan kata2 itu. Betul, tinggal sedikit lagi..

Dulu, saya terbiasa dengan optimisme masih sedikit. Kata ‘masih’ bagi saya menyiratkan optimisme. Ibarat air minum yang tinggal setengah, saya memilih menyebutnya masih setengah. Masih banyak yang bisa kita lakukan dengan setenga itu. Saat semangat kita berkurang, setidaknya kita masih punya semangat. Itulah… masih, menyiratkan optimisme dan syukur atas apapun yang kita punya, kita masih bisa melakukan banyak hal, masih bisa meraihnya dengan apapun yang kita punya. Bagi saya kata ‘tinggal’ menyiratkan pesimisme sehingga saya jarang menggunakannya. Kata ‘tinggal 5 menit’, ‘tinggal setengah’, ‘tinggal sedikit’ seringkali membuat kita pesimis dan tidak percaya bisa menyelesaikannya.

Pagi ini saya belajar, bahwa kata ‘tinggal’ mempunyai daya magis yang luar biasa. Ya, ‘tinggal sedikit lagi’ membangkitkan semangat saya.. untuk perjuangan yang sudah dijalani sekian waktu, rasanya tidak pantas kalau saya menggnakan kata ‘masih’. Justru disaat seperti ini, kata ‘tinggal’ berubah fungsi, dia melambangkan optimisme, melambangkan rasa syukur, mewakili pikiran positif, dan menyalakan semangat…

Baik, tinggal sedikit lagi… berpikir positif dan tetap berusaha. Semoga tetap dalam keistiqomahan. Sabar, dan tambahlah kesabaran… 🙂

Jadi, apa mimpimu? Bila sudah kamu jalani dengan sungguh2, percayalah terwujudnya tinggal sedikit lagi. Tinggal beberapa tahap lagi. Fokuslah ke puncak. Pelihara kesyukuran dalam hati dan setiap langkahnya…

Insyallah… teruslah berjalan, walau pelan, walau tertatih, walau nafasmu setengah-setengah… sedikit lagi.

image

Leave a Reply

