Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Kampung akhirat

on August 3, 2013

Sebentar lagi musim CPNSan ya..wah, mungkin sepertinya (tapi semoga tidak) akan ada banyak pejabat yang tambah kaya. Semoga bersih sebersih-bersihnya, aamiin.. Allah semoga ramadhan ini membersihkan hati semua orang. Menyadarkan kembali tentang hakikat hidup. Menyadarkan kembali tentang kampung akhirat yang abadi.. bagaimana Indonesia mau maju kalau cara hidupnya mundur (menjauhi ketaatan). Apalah itu, suap, KKN dan sebagainya semoga segera hilang dari kamus kehidupan semua orang. Kembali pada tatanan kehidupan yang adil dan bersih (berharap…)

Benar, bahwa telah dijadikan indah dimata manusia…harta, wanita, anak-anak, kendaraan yang bisa melalaikannya dari mengingat akhirat. Cinta dunia ini sudah jauh-jauh hari diwanti-wanti oleh Allah dan rasulullah agar kita tidak tertipu. Sungguhpun Allah sudah menjanjikan surga dan kampung akhirat bagi orang2 yang beriman. Sabar. Sabar menunggu datangnya janji itulah yang tidak semua orang bisa. Sabar. Allah pun berkali2 mengingatkan kita untuk sabar…sabar. masih kurangkah janji Allah? Dia akan memudahkan orang2 yang bersungguh2, akan membalas amal kebaikan berlipat2. Sabar. Sayangnya tidak semua orang bisa sabar untuk bersabar. Sayangnya, banyak yang terlalu cepat berspekulasi bahwa Allah tidak akan memenuhi janjiNya, bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa2nya. Wahai…bagaimana Allah akan memenuhi janji dan mengabulkan doa kalau kita tidak pernah menjalankan apa yang disyaratkan Allah atas pemenuhan janji itu, kalau doa kita tidak sungguh2 bahkan tidak pernah berdoa, kalau kita meragukanNya, kalau ibadah kita compang-camping karena lelah mengejar dunia. Kejarlah, kejarlah dunia, kejarlah sampai lelah…kau tahu, ketika kau sudah lelah pun masih akan kurang rasanya. Cukupkanlah diri kita dengan rahmat Allah, yang kita dapat dengan cara yang halal dan baik. Dunia itu bukan masalah banyaknya, namun keberkahannya..

Bukan berarti kita tidak boleh kaya dan banyak harta. Justru Allah dan rasulNya menganjurkannya. Tapi jangan sampai semangat kaya itu mengalahkan semangat ibadah kita. Jangan sampai semangat kaya itu membenarkan cara-cara yang salah. Ketika kita mengambil cara yang salah maka jadilah syubhat bahkan haram harta itu. Lalu harta itulah yang kita gunakan untuk memberi makan anak-anak kita yang kelak dagingnya akan haram memasuki surga.. naudzubillah. Cacing di dalam tanahpun dijamin rejekinya oleh Allah. Apalagi kita yang sebesar ini..

Banyak orang khawatir dengan kehidupan dunia namun tidak khawatir dengan kehidupan akhirat.. menghalalkan segala cara untuk mencapai kemakmuran di dunia namun lupa membangun rumah baginya di akhirat kelak.. kecintaan kita pada keluarga mengalahkan kecintaan pada Allah..

Jangan tertipu..
Berapa kali Allah sudah mengingatkan..
Berapa kali rasulullah sudah mewanti2..

Allah tidak tidur. Dia melihat usaha kita. Dia mendengar doa kita. Dia dekat. Sayangnya, apa kita sudah benar2 berusaha? Apa kita sudah benar2 berdoa? Apa kita sudah benar2 mendekat padaNya?

Ya Allah ampunilah kami dan pemimpin-pemimpin kami..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: