Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Treatment dari Allah :)

on July 22, 2013

Pernah dengar kata-kata yang kurang lebih  begini?

“Jangan minta diringankan amanah, tapi mintalah pundak yang lebih kuat untuk mengembannya”

Atau yang ini,

“Kita meminta agar menjadi orang yang sabar dan tabah, maka melalui ujian dan cobaanlah kita belajar menjadi sabar dan tabah”

Artinya apa? Artinya Allah tidak selalu memberikan sesuatu jreenggg sesuai dengan yang kita minta. Allah mengajari kita bagimana mendapatkan sesuatu. Lagian ya, kalau kita tidak pernah diuji atau diberi cobaan, bagaimana kita bisa mendefinisikan sabar itu coba? Ya, Allah memberikan kita sarana, memberi kail agar kita berusaha..dengan begitu kita akan mengerti lebih dalam, insyallah.

Sama halnya dengan analogi berikut ini. Saya orang yang teledor, maka saya minta supaya diberikan teman2 yang telaten supaya bisa saling melengkapi. Seringnya Allah mempertemukan saya dengan orang2 yang sama teledornya bahkan kadang lebih parah..karena ketemu orang2 yang teledor juga akhirnya saya belajar menjadi orang yang lebih teliti karena saya tidak bisa bergantung pada orang lain yang sama-sama teledor juga. Dan treatment ini berhasil. Kalau bersama orang2 yang teliti iya saya selamat, tapi saya jadi tidak belajar sebagaimana kalau saya bersama orang2 yg sama2 teledor. Contoh lain, saya orangnya perfeksionis sehingga saya tidak suka bekerjasama dengan orang2 yang santai-santai dalam bekerja. Kenyataannya saya sering juga berpartner dengan teman2 yang nyantai parah…lalu bagaimana? Tetap ada pelajaran yang bisa diambil, bagaimana kita menghargai orang lain, berkompromi dengan ritme orang lain dan menurunkan ego, memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, dan lain-lain. Walaupun terkadang hasil kerja tidak sesuai keinginan, tapi setidaknya saya belajar sesuatu hal yang baru.

Dengan siapapun Allah mempertemukan kita, kapanpun dan dimanapun, semuanya mempunyai tujuan…tidak ada yang sia2. Kalau kita dipertemukan dengan orang2 yang sesuai keinginan kita maka bersyukur sekali, kalau kita dipertemukan dengan orang2 yang tidak sesuai keinginan maka berbaik sangkalah karena pasti ada hal2 ingin diajarkan Allah kepada kita, ada hikmah yang ingin disampaikan.

Wallaualam.

Leave a Reply

