Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Ibu rumah tangga vs wanita karir

on July 20, 2013

Pilih jadi ibu rumah tangga atau wanita karir? Kalau saya pilih ibu rumah tangga, kalau bisa dan memungkinkan boleh lah berkarir 🙂 kamu? Pilihan sebagai ibu rumah tangga menjadi pilihan utama bagi saya pribadi…lalu bagaimana dengan:

” Ya ampun ngapain sekolah tinggi2 kalo cuma mau jadi ibu rumah tangga? Sayang ijasahnya..”

Betul, banyak sekali anggapan seperti itu. Pertama, kembali ke niat awalnya dulu. Sekolah tinggi untuk apa? Untuk jadi dosen, atau peneliti, atau mau jadi diplomat, atau karena ingin belajar? Kalau saya melanjutkan S2 karena saya ingin belajar (insyallah niatnya begitu) kalo kemudian dapet beasiswa calon dosen itu bonus dari Allah, tanpa beasiswa pun saya akan tetap melanjutkan studi..karena kita masih muda saatnya belajar, bila ada kemauan dan kemampuan kenapa tidak? Semuanya bisa diusahakan insyallah 🙂

Justru ibu rumah tangga perlu berpendidikan tinggi.kenapa? Karena dia menjadi sekolah pertama bagi anak2nya..kalau ibunya tidak pintar bagaimana bisa mendidik anak2 yang pintar? (Tapi gak ada yg mustahil juga ding, banyak juga kejadian anak2 genius yg lahir di keluarga yang kurang berpendidikan). Itu, ibu yang mempunyai bekal ilmu yang cukup, berwawasan luas dan cakap akan lebih tau bagaimana mendidik dan mengarahkan anak2nya nanti. Masa depan bangsa ada di pundak anak-anak kita, dan para ibu adalah guru pertamanya. Guru yang fokus dalam mendidik muridnya tentu hasilnya akn beda dengan yang hanya mengamati perkembangan muridnya..

Menjadi ibu rumah tangga juga bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk suami, mengurusnya, dan mendukungnya secara penuh dalam karir. Dalam urusan karir suami, istri yang mengenyam pendidikan tinggi akan lebih tahu bagaimana-bagaimananya sehingga lebih nyambung ketika berdiskusi, lebih memahami keadaan suami juga, insyallah begitu..

Mengenai karir, sepanjang suami mengijinkan dan tidak mendholimi suami serta anak-anak menurut saya sah-sah saja.maka kita wanita harus pintar2 memilih pekerjaan, yang mewanitakan wanita. Sejak dulu saya diarahkan untuk menjadi guru, karena kata bapak dan ibu saya guru paling pas untuk wanita.

Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang memuliakan wanita. Tempat bekerjanya terjaga, pekerjaannya sangat ‘wanita’ dan tujuannya sangat jelas. Namun, ibu rumah tangga yang juga sukses berkarir akan lebih keren tentunya. Perlu kerja ekstra dan keluarga yang mendukung..semoga kita bisa. Berkarir kan juga baik, bisa mengktualisasikan diri kita, yang penting memilih pekerjaan dan lingkungan kerja yang tepat…

Saya dibesarkan oleh seorang ibu rumah tangga, saya merasakn perhatian dan pendampingan penuh dari ibu saya. Memang dengam hanya satu orang yang bekerja kehidupan perekonomian kami tidak langsung sebaik sekarang, perlu proses yang panjang… alhamdulillah 🙂 sebagai ibu rumah tangga terkadang ibu saya malu, karena dipandang sebelah mata oleh rekan2nya… padahal menurut saya lagi untuk menjadi ibu rumah tangga bukanlah sesuatu yang mudah bagi ibu saya, dia harus mengalahkan egonya dan mimpi2nya yang tinggi. Memendamnya demi patuh pada suami dan mengabdi pada anak2. Ibu saya punya banyak keterampilan dan pernah merintis karir, tapi kemudian memutuskan keluar dan meninggalkan semuanya. Memilih menjadi penjahit (salah satu keterampilannya) agar tetap bisa menjaga anak-anak dan tetap ada kesibukan.

Seja kecil sampai SMA saya terbiasa belajar ditemani suara mesin jahit. Ya, awalnya karena belajar harus ditemani ibu, lama-lama belajar sambil menemani ibu 🙂 hampir setiap episode kehidupan saya diketahui oleh ibu saya, kalau bukan karena ibu saya memang tahu, karena saya menceritakan semuanya.. sampai sekarang juga saya paling lemah dalam hl bohong hehe karena akan langsung ketahuan (saking sudah hafal) alhamdulillah yah..

Leave a Reply

