Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Anggun dalam ketegasan, muslimah :)

on July 18, 2013

Cerita ini terjadi beberapa hari lalu waktu saya dalam sebuah kereta menuju kota perjuangan jogja. Waktu itu digerbong wanita. (Semoga ini bukan dalam rangka ghibah tapi dapat kita ambil ibrahnya bersama). Waktu itu dalam gerbong ada ibu muslimah bersama beberapa anaknya… semuanya berjalan baik, sampai waktu beliau dengan suara agak keras, tanpa bilang maaf dan tanpa tedeng aling2 menyuruh seseorang untuk pindah ketempat duduk lain karena anaknya pusing dan ingin tiduran. Mungkin beliau sambil senyum tapi kan kami tidak bisa melihatnya (karena beliau bercadar)…syok pertama.

Syok yang kedua adalah waktu itu ada bapak2 (yang mungkin belum tahu kalau itu gerbong wanita) duduk terus disitu, lalu kembali dengan suara agak keras dan tanpa maaf dan tanpa tedeng aling2 menegur si bapak itu secara langsung dan menyuruhnya pindah. Dan itu berlangsung di depan umum, penumpang satu gerbong pun melihat ke arah beliau. Miris, sepanjang perjalanan saya melihat beberapa penumpang lain melihat ke arah beliau sambil komat kamit.

Baik, tidak ada yang salah dengan sikap tersebut tapi mungkin dengan buday jawa kita, ketegasan itu terlalu ekstrim apalagi untuk wanita. Saya bisa jadi salah, tapi lebih baik kalau tidak mempermalukan orang lain atau membuatnya tidak nyaman. Mengatakan maaf atau sekedar mendekat (supaya tidak banyak orang yang tau, tidak menjadi perhatian, dan yang ditegur tidak malu) mungkin akan lebih baik. Benar, muslimah tidak boleh berlemat lembut selain di depan suami, tapi bukan berarti jug harus (cukup) kasar. Benar muslimah harus tegas, tapi bukan berarti galak juga. Justru kesan yang ditimbulkan dari sikap tadi adalah muslimah itu tidak bersahabat, galak, dan (maaf) kurang sopan dalam bersikap walaupun pakaiannya sangat terjaga sekali.

Muslimah itu, anggun dengan ketegasannya 🙂

Maaf, astagfirullah, ini pendapat saya pribadi, bila salah mohon dimaafkan dan diluruskan. Kita (muslim atau muslimah) harus berusaha menjadi agen muslim yang baik dan memberikan contoh yang baik bagi masyarakat.

Wallahualam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: