Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Polyglot Indonesia, Sesuatu Banget!

on July 14, 2013

Alhamdulillah, syukur kehadirat Allah yang telah membawa saya (melalui tangan hamba-hambaNya) untuk sampai pada sebuah komunitas bernama “polyglot indonesia”. Pertama saya ingin terWOW dulu sama kekerenan Allah yang tidak terbatas. Diciptakannya ribuan bahasa di seluruh dunia dengan sistem fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik yang berbeda-beda. Amazing!

Selanjutnya, dalam komunitas ini saya bertemu dengan teman2 pembelajar bahasa yang lain yang mayoritas bahasa spanyol dan bahasa perancis. Jadilah saya krik2 sekali waktu itu, cuma bisa senyum-senyum dan diam membisu. Ada juga beberapa native bahasa spanyol yang datang, jadilah mereka cas cis cus.

Lalu, apa yang terjadi pada saya? Bergabung dengan pembelajar bahasa inggris saja 🙂 untungnya kami kedatangan tamu dari denmark, namanya cicil, dia masih 18 tahun lho…traveling sendirian ke indonesia, bermodal teman skype (mas making) hehe… seperti bule2 eropa yang masih muda pada umumnya cicil sangat terbuka dan enak sekali diajak ngobrol. Dia pun bercerita tentang negaranya dan mengajari kami kosakata2 sederhana dalam bahasa denmark…dan ternyata Wow!! Sampai kami selalu terbengong2 setelah cicil memberikan contoh, susah bangeeeet.. bahasa2 skandinavia pengucapannya seksi sekali 🙂 kami juga gantian mengajari cicil kosakata bahasa indonesia dan bahasa jawa. Bagi orang2 eropa sepertinya bahasa kita cukup mudah diucapkan, tapi susak diingat hehe.. begitulah, lewat bahasa kita bisa tau banyak hal, bertambah saudara, dan bisa tambah pinter juga…

Yang membuat suasana makin asik adalah kedatangan foundernya polyglot indonesia. Seperti apa orangnya? Berikut cuplikan percakapan singkat kami waktu ketemu pertama kali,
Saya: bisa berapa bahasa?
Founder: saya bisa tujuh bahasa
Saya: *terperangah* huaaaa keren banget! Gimana belajarnya?
Founder: ah, gak juga. Karena kebetulan tinggal disana jadi ya harus bisa bahasanya.
Saya: pernah tinggal dimana aja?
Founder: saya SMA di argentina, S1 di jerman, S2 di swedia, sekarang kerja di swedia. Pernah kerja di jepang juga. Jadinya terpaksa harus bisa bahasa2nya..
Saya: wuaaa jurusan apa?
Founder: saya computer science
Saya: aslinya mana?
Founder: saya semarang.
Saya: *okeeeh…* tapi masih cinta indonesia kan?
Rizal: sampai sekarang paspor saya masih indonesia.
Saya: berarti sudah penuh cap ya paspornya… sudah ganti berapa kali?
Founder: tiga kali
Well, founder polyglot membuktikan bahwa belajar suatu bahasa di lingkungan penutur bahasa itu akan lebih cepat menguasainya dan bahwa anak bangsa juga tidak kalah bersaing di dunia internasional asal pinter dan taugh dalam persaingan. Terima kasih inspirasinya founder!

Menurut si foundernya, polyglot indonesia dibentuk dalam rangka
*mewadahi penutur bahasa2 non-mainstream untuk menjaga kefasihannya
*orang indonesia yang ingin belajar bahasa asing
*orang asing yang ingin belajar bahasa indonesia
Semoga sukses! Kayaknya perku ditambah nih: mempererat silaturahim, menambah ilmu pengetahuan, dan jadi ladang amal untuk member2nya 🙂
image

well, karena kebetulan sedang berkunjung ke lembaga indonesia spanyol, kamipun mencoba-coba makanan dan minuman ala spanyol. Ini salah satunya: sangria, enak bangeeeet 🙂

image

Untuk makanannya ada bocadillo, pasta, roti2 sejenis croissant gitu, dan hotplate. Yah karena ingat harus hemat…sementara baru nyobain croissant dan wedges spicy saja. Semoga ada rejeki lagi supaya bisa coba menu yang lain 🙂 *setelah dipotong pajak sedekah tentunya

Alhamdulillah, ramadhan ini bisa mengintip spanyol 🙂

Advertisements

2 responses to “Polyglot Indonesia, Sesuatu Banget!

  1. Larastia says:

    kalo mau ikut poliglot yang di jakarta caranya gimana ya?
    thx 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: