Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Titik Balik

on July 9, 2013

Horeee….ramadhan ini insyallah akan penuh berkah bagi kita semua, aamiin…malam ini bahagia sekali mendengar teman yang kembali membuka quran setelah gak pernah buka sejak jaman baheulak 🙂 jadi ingat kisah2 menakjubkan yang lain 🙂

Dulu agak kaget waktu ada teman dengan polosnya bilang,
‘Iya saya muslim tapi saya tidak sholat, tapi cuma solat saja, kewajiban yang lain saya jalankan semua?’
‘Kenapa gak solat?males ya?ato gak sempet?’
‘Tidak ada alasan, hanya tidak solat saja..’
Okay…waktu itu saya menyadari sebuah realita bahwa mereka yang muslim pun ada yang belum menjalankan solat walau mereka tau itu wajib dan tidak ada udzur untuk tidak melaksanakan solat, bahkan diakui bahwa tidak ada alasan.

Waktu itu, tidak mungkin saya menasehati ini itu, ibaratnya menasehati orang yang sudah paham. Perlahan saya manfaatkan ke-innocent-an saya untuk sesekali mengingatkan bahwa waktu solat sudah tiba. Entah dia solat atau tidak, saya tidak berani menyuruh-nyuruh. Tidak lupa, turut mendoakan waktu ingat… dan alhamdulillah…setelah setengah tahun (kurang lebih) saya melihat dia solat, setiap sore lepas kuliah di mushola kampus… teman2 yang tahu keadaan itu pun merasakan kebahagiaan dan mengucap syukur…

Cerita yang lain, masih dengan polosnya,
‘Eh dik, aku isin tenan lho solatku bolong2 tekan saiki’
‘Heh??’
‘Iyo.’
‘Kok iso?’
‘Lali e’
‘Kan enek adzan…’
‘Lah lali og kadang lagi ngopo ngono terus lali’
waktu pun berganti dan melalui sebuah perjalanan, akhirnya dia mengikrarkan diri bahwa dia sudah kembali: bisa melaksanakan solat lima waktu..

Dan malam ini, malam 1 ramadhan, masih dengan polosnya,
‘Aku udah lama gak ngaji, bertahun-tahun baru ini buka quran’
Dengan polosnya dia bercerita dan menyampaikan tekadnya untuk mempelajari kembali…sore ini mulai membuka iqro lagi katanya.

Alhamdulillah…ramadhan semoga menjadi titik balik bagi kita semua untuk melakukan perbaikan diri…ramadhan dengan segala berkahnya semoga menjadi katalisator untuk lebih cepat meraih perbaikan yang diharapkan…

Saya bahagia, walau tidak diantara teman2 para pemeluk teguh, tapi saya belajar banyak hal…tentang hidup, tentang kejujuran dan perjalanan.

Leave a Reply

