Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Vonis

on May 11, 2013

“Saya benar, tapi bisa jadi salah dan yang lain salah, tapi bisa jadi benar.” Saya lupa pernah baca itu dimana, tapi saya suka kata-katanya. Bahwa kebenaran sejati itu hanya milik Allah, manusia itu berikhtiar mencari dan mempercayai kebenaran.

kanji_a_day_02

Saya kadang merasa risih dengan orang-orang yang dengan gampangnya menyalah-nyalahkan orang lain. Padahal, semua pihak belum tentu tahu duduk permasalahan yang sebenarnya. Belum tentu semua pihak benar-benar tahu mana yang salah dan mana yang benar. Jadi, sebenarnya, saat kita berdebat tentang yang benar dan salah atau kita sedang berkoar-koar menyalahkan orang lain bisa jadi saat itu kita sedang ditertawai setan. Setan-setan sedang mengelilingi kita. Terlepas kita benar atau kita salah, tapi disaat yang sama, kita telah menyakiti saudara kita, kita telah berlaku sombong. Saya jadi ingat kata teman saya,

“sepertinya aku perlu angkat bicara juga deh.kemarin waktu kita kumpul dan sharing itu, disana kita sedang dikelilingi setan lho.pada gak sadar, masing2 terbawa oleh nafsu.”

Secara pribadi saya lebih menghargai mereka yang diam dalam menanggapi permasalahan yang masih abu-abu, yang belum diketahui benar dan salahnya. Salah-salah kita ingin berpendapat malah dosa. Ada orang-orang yang dengan ringannya mengolok-olok, mengejek, dan mempersalahkan orang lain atau kelompok lain dan (mungkin) merasa mereka yang paling benar, paling pintar, dan paling tau segalanya…lalu menciptkan opini bahwa hanya ada satu kebenaran, yaitu yang mereka percayai. Bila itu benar, maka semoga banyak pahala yang akan mengalir pada mereka sampai kapanpun. Tapi, bila itu salah, maka semoga orang-orang yang terdholimi memaafkannya.

Semoga kita menjadi orang yang lebih berhati-hati, aamiin…

Leave a Reply

