Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Tapi KFC itu gak Halal!

on May 6, 2013

Bicara soal makanan sekarang. Seperti yang telah diketahui bahwa orang-orang Taiwan tidak beragama Islam dan babi adalah makanan yang sangat biasa dan umum ditemui. Kami sudah bersiap siaga sejak jauh-jauh untuk makan ayam setiap hari di KFC, sahabat setia perjalanan dimanapun berada karena harganya bersaing dan tentunya enak, daripada terjebak makan babi tentunya.

Waktu itu, sesampainya kami di Taichung station dan dalam perjalanan ke hotel bersama ams yanto,kami langsung clingak-clinguk mencari KFC, dan ketemu. Kamipun bertanya kisaran harga ke mas yanto,
“Mas, kalau di KFC itu harganya sekitar berapa ya?”
“Kalian mau makan di KFC? Tapi KFC disini itu gak halal. Ayamnya gak disembelih pakai bismilah”
“huaaaaa”

Kamipun kecewa, harapan kami pupus untuk bisa makan dengan mudah dan tenang. Artinya kami harus mencari tempat makan yang lain yang halal. Mas yanto menyarankan kami untuk ke tempat makan vegetarian. Tapi kata mbak end, “kan bisa saja masaknya pake minyak babi…”

Hyuuh….sepertinya urusan makan memakan akan menjadi sedikit masalh nantinya. Kamipun bertanya pada petugas hotel apakah ada restoran Indonesia di sekitar hotel. Ternyata ada, namanya Jakarta, tapi harganya mahal. Bagaimana bisa? Yah, di Taiwan kan makanan Indonesia jadi ‘makanan luar negeri’ jadi yaw ajar kalau mahal. Sekali makan makanan Indonesia, 80 NTD (sekitar 28 ribu) harus siap dibayarkan. Di hari pertama kami makan nasi goring dan mi goring, di hari yang lain kami makan lotek. Ternyata eh ternyata di daerah yang kami tinggali banyak orang Indonesia dan banyak tempat makan indoenesia yang agak nyempil dan agak jauh. Tiap ketemu orang Indonesia itu rasanya ayem 🙂

100_4466

Factor makanan memang sudah semestinya diperhatikan oleh semua muslim. Bukan Cuma yang kita makan itu babi atau tidak, dimasak dengan minyak babi atau tidak, tapi sampai memikirkan apakah disembelih dengan nama Allah atau tidak. Saya salut dengan kewaspadaaan mahasiswa disini, sangat pantas ditiru.

Advertisements

4 responses to “Tapi KFC itu gak Halal!

  1. Mahmud Perdana says:

    Menyembelih ayam dengan membaca bismillah itu hukumnya sunah. Jadi, tidak menjadi soal asalkan sebelum makan kita baca bismillah. Ayam menjadi makruh jika disembelih hingga putus leher. Tapi itu juga tidak jadi soal karena definisi makruh adalah jika dilakukan tdk berdosa, jika ditinggalkan mendpt pahala. Allah maha pengasih & penyayang dan Islam tidak diturunkan untuk mempersulit manusia.

    • Thanks for the advice brother..

    • epadicom says:

      Ini org pendapatnya koq aneh banget.
      Jelaz2 hukum menyembelih hewan itu harus dgn menyebut nama Allah, bukan waktu makannya menyebut nama Allah.

      Menyembelih dgn tidak menyebut nama Allah adalah haram! Jadi hati2 lah saudaraku.
      Silahkan di update lagi referensi ttg hukum islam khususnya dlm hal menyembelih hewan.

      Thanks

    • andi says:

      Wama uhilla bihi ligoirillah
      cari sendiri artinya lalu bertobatlah dan update atau hapus postingan anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: