Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Ke Luar Negeri Harus Banyak Uang?

on May 6, 2013

Ada teman-teman yang bilang kalau ke luar negeri itu butuh biaya besar. Iya benar, tapi bagi saya itu sebuah pilihan. Kita bisa jadi memiliki jumlah uang yang sama, tapi kita membelanjakannya berbeda. Misalnya, teman saya bilang pengen jalan-jalan keluar negeri, tapi gak berangkat-berangkat eh malah bei smartphone baru. Saya pun demikian, bilang pengen beli smartphone tapi gak beli-beli, eh malah mbolang keluar negeri dan hapenya masih itu-itu aja, hape proto :(. Itulah, apakah keluar negeri itu mahal? Menurut saya itu relative, karena itu pilihan. Termasuk kalau sudah di luar negerinya, mau hidup menderita atau hidup mewah itu juga pilihan. Kalau saya selama ini sih tidur di bandara beralaskan peta pun saya jalani hehe, tapi bandaranya aman kog!

Bagi saya, traveling itu bukan sekedar jalan-jalan, bukan sekedar hobi. Traveling adalah misi dan mimpi. Setiap traveling saya berusaha menjadi agen yang baik, bagi bangsa, bagi agama, bagi diri saya sendiri karena di luar negeri kita dikenal sebagai orang Indonesia, orang islam, bukan dikenal sebagai nama kita. Itulah, berusaha menjadi agen muslim yang baik, kata Hanum Raiz. Traveling keliling dunia adalah salah satu mimpi saya yang dengannya mengajari saya untuk terus berjuang, untuk percaya pada Allah dan janjinya, untuk tidak menyerah, untuk terus berkarya, untuk membuktikan dan mengajari banyak orang tanpa menggurui.

Hari ini saya di Taiwan dan saya belajar bagaimana orang-orang disini menghormati orang tua, berdisiplin dengan fasilitas umum, ramah dan sangat ringan tangan dalam membantu orang lain walau tidak mengenal, mereka yang tidak bisa membantu pun sangat bisa kami rasakan ‘keinginannya untuk membantu’. Yah, karena kendala bahasa ada sebagian yang terpaksa tidak jadi membantu.

Somewhere in taipei

Leave a Reply

