Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Dia dia dia

on March 27, 2013

Aku teringat seseorang yang sangat santun. Dia menjaga dirinya, mulutnya dan tangannya agar tidak menyakiti orang lain. Dia memilih menyimpan rapat semua perasaannya, bebannya, rasa sakitnya, menutupnya sekuat tenaga meskti kadang sangat meluap-luap hingga dia harus bersusah payah. Dia menjaganya sampai bisa menyampaikannya dengan santun, dengan terhormat, dengan menjunjung hak orang lain atas rasa aman dan harga dirinya. Dia tidak banyak bicara, sekali tapi mengena. Dia tidak menjanjikan apa-apa hanya menggantungkan dirinya pada takdir atas apa yang dia katakan dan dia inginkan…manusia tidak mempunyai kuasa apapun, Dia yang punya kehendak.

Tiba-tiba aku merindukan cara itu, caranya menjaga kami agar tidak tersakiti dan tidak banyak berharap, saat makin banyak orang hanya berkata-kata , saat makin banyak orang hanya bercerita tentang wacana, itupun dikatakan diluar sana jauh dari obyek yang dibicarakan. Saat main banyak orang merasa dewasa, merasa tahu, merasa benar, merasa lebih baik… itu… membuat aku berpikir ulang berkali-kali untuk mendefinisikan kembali orang seperti apa yang harus aku percaya, ucapan yang bagaimana yang harus aku dengar, tingkah laku seperti apa yang harus aku indahkan. Dunia terus berubah, orang-orang disekitarku juga berganti, aku harus mencari definisi yang baru, menggantikan definisi lama yang sudah mendarah daging dan melekat di dalam otak serta hati.

Aku merindukan cara itu…aku ingin diperlakukan dengan cara itu, cara yang santun, menghargai, membesarkan hati dan mengajarkan kepasrahan disaat yang sama…masalahnya, aku perlu kaca masihkah aku pantas diperlakukan seperti itu sekarang?bisa jadi karena aku juga sudah kehilangan definisi tentang ‘aku’, bisa jadi aku termasuk didalamnya: orang yang merasa dewasa, merasa tahu, merasa benar, merasa lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: