Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Pulang

on March 15, 2013

Dulu saya cukup sering mendapat protes dari teman-teman gara-gara sering pulang dan mbolos agenda organisasi hehe. Waktu itu soalnya kalau saya tidak pulang juga akan diprotes oleh ibu saya. Makanya satu-satunya jalan yang adil (menurut) saya adalah menjalankan sistem mati lampu. Jadi kalau saya sudah memberikan senin-jumat untuk kampus dan organisasi, maka biarkan sabtu-minggu bersama keluarga *mungkin teman-teman aktivis juga perlu mempertimbangkan ini, jangan sampai idealisme mengalakan kewajiban untuk berbakti pada orang tua dan hak tubuh untuk istirahat hehe (kalau ini namanya pemalas bukan ya, hehe).

Bagi saya, pulang adalah salah satu manivestasi dari berbakti, karena ibu dan bapak saya senang kalau saya pulang kerumah, maka selalu saya sempatkan bahkan prioritaskan. Pernah suatu ketika saya memaksakan diri pulang setelah magrib dan berangkat lagi pagi harinya karena ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan, maka baiklah biar tidak ada yang terdholimi biar saya yang mendholimi diri sendiri (cepeknya bukan main) *tapi saya yakin, banyak teman-teman aktivis yang pengorbanannya lebih dari ini, maaf ya saya agak lebay hehe

Kita tidak pernah tau sampai kapan kita bisa berbakti pada orang tua, maka sesempit apapun waktu itu setidaknya bisa kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Kita tidak pernah tau mungkin kelak akan ada waktu dimana kita sama sekali tidak bisa pulang kerumah, maka ketika ada waktu harus disempatkan pulang, atau setidaknya diagendakan.

Sudah berapa usia kita? Kelak kalau kita sudah menikah maka waktu dan fisik kita sudah akan tersita dengan keluarga baru yang otomatis akan mengurangi kebersamaan dengan keluarga maka sekaranglah waktunya, untuk memaksimalkan kebersamaan dalam keluarga.

Pagi ini kak dika menanyakan kepada saya, “Ramadhan ini pulang ke Padang atau belajar bahasa Inggris ke Pare ya?”

Langsung saya jawab,

“PULANG KE PADANG!!!!!”

Leave a Reply

