Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Kita Harus Membeda-bedakan Teman!

on March 15, 2013

Waktu pelajaran di SD dulu, PMP kayaknya, kita diajari untuk tidak membeda-bedakan teman, tidak boleh pilih kasih dalam berteman. Sekarang saya mendapatkan pencerahan dari kata-kata itu. Agaknya kita perlu definisi teman disini. Kalau saya sendiri mendefinisikan teman itu secara umum, kalau yang dekat dan masuk dalam lingkaran kehidupan kita maka sebut saja mereka sahabat. Dalam rangka berteman, kita sangat boleh berteman dengan siapapun, latar belakang etnis agama bahasa dan ras apapun, tapi dalam rangka berteman, saling menghargai, saling menghormati. Tapi untuk mereka yang masuk dalam lingkaran kehidupan mereka, maka agaknya kita harus membeda-bedakan. Memilih mereka yang satu visi, yang baik dan bisa saling menjaga, yang bisa saling mengingatkan dan sejenisnya… yang penting jangan sampai kita melalaikan lingkaran luar yang bernama pertemanan tadi, walaupun kita sudah memilih lingkaran dalam kita tetap harus menjaga lingkaran luar itu dengan sebaik-baiknya, menghargai dan memberikan banyak kemanfaatan untuk yang lainnnya, insyallah..

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita bersikap. Dalam bersikap kita harus membeda-bedakan teman. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengenali karakter teman, kadar kedekatan dengan teman, dan juga idealism teman kita. Makanya kita tidak salah bersikap atau berkata. Misalnya ada teman kita yang orangnya easy going dan asik dan ada yang juga yang introvert dan mudah tersinggung, maka kita perlu memberikan treatmen yang berbeda misalnya untuk memberikan kritikan, bertanya, meminta tolong dan lain-lain.

Kadar kebaikan kita kepada teman juga harus adil, sesuai dengan karakternya. Teman yang keGRan harus diberi treatment yang beda dengan mereka sikapnya biasa saja. Kalau ada teman yang keGRan dan kita memberikan treatment yang sama dengan mereka bersikap biasa wah bisa-bisa nanti keGRannya sampai ke tingkat internasional yang pada akhirnya akan bla-bla-bla.

Maka, membeda-bedakan teman itu boleh dan perlu 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: