Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Aku dan Korea

on March 15, 2013

5220_1188302516322_2897372_nAwal perkenalan dengan korea adalah ketika ikut kegiatan MLC di LSP yang memuat bahasa dan budaya Inggris, Korea, dan Jepang. Dari situlah saya jadi mengenal sedikit sekali tentang Korea. Tokohnya adalah Dinda, teman saya yang gila sama korea. Saya pun diajari beberapa kosakata dalam bahasa korea seperti ‘annyeong haseyo’, ‘jeo nen atinimida’, ‘kamsahamnida’ lalu saya lupa begitu saja karena saya lebih fokus ke bahasa Inggrisnya.

Lalu di kuliah bertemulah dengan mas Adi dan mas Andri yang dari jurusan bahasa Korea. Waktu lagi cerita-cerita sama Dinda (waktu itu dinda sedang galau tingkay dewa) akhirnya terbesitlah ide untuk membawa dinda berkenalan dengan kedua teman saya itu. Lalu, sukseslah saya mempertemukan mereka, dan dinda jadi sedikit terobati, hehe…

Kebanyakan bergaul sama dinda (ditambah dengan misi dan mimpi pribadi) membuat saya makin penasaran untuk belajar bahasa korea, lalu beberapa kali kami belajar bersama dan sisanya saya belajar sendiri walau males-malesan juga *huft…

Selanjutnya waktu itu ada kesempatan untuk mengikuti conference di Medan, wah kebetulan pengen banget ke Medan dan temanya tentang Language, Culture, and Civilization, entah kenapa langsung terbersit untuk mengangkat kebudayaan atau peradaban korea. Berpikir sejenak. Lalu, crrriiinnggg…entah dapat wangsit darimana saya mengsms mas andri untuk membuat paper bersama hehe, dan crriiinnnggg…mas andri mau. Akhirnya dengan perjuangan yang berdarah-darah kami bisa merampungkan papernya dan berangkat ke Medan. Dari situ saya jadi belajar sedikit tentang peradaban Korea dan sedikit bahasanya.

Lalu project kedua ini adalah tentang bahasa Korea yang dipakai oleh anak-anak UKLI, yah dengan modal nekat (dengan dibantu Dinda) akhirnya paper saya selesai juga *entah muatannya hehe… dan dikoreksilah oleh Adi Oppa *ceritanya dulu mas Adi protes kenapa dia gak diajak ke Medan juga, kenapa ngajak mas Andri, waktu itu saya jawabnya ngasal banget, “Soalnya bahasa Inggrisnya mas Andri lebih bagus… (dengan tampang innocent, haha)” ya ampun kenapa waktu itu jawab begitu yah… lalu mas Adi menimpali, “Oh, begitu ya, atin belum tau saja” wuaaa…langsung mati gaya, “Yasudah next project sama mas Adi.”

Korea dengan segala perkembangannya menarik sekali untuk dikaji dan diteliti, apalagi ada Dinda yang begitu semangat membuat saya semangat juga untuk belajar. Banyak hal yang bisa dipelajari dari Korea tentang strateginya sehingga bisa semaju sekarang, tentang nilai-nilai kehidupan dan budaya yang dipegangnya, tentang caranya memandang dirinya dan dunia. Sejarah korea juga menyenangkan untuk dipelajari. Semoga kelak saya bisa kesana, amin…

Soal bahasa Korea, saya ingat kata Pak Inyo dan Bu Dewi, “Otak manusia itu luar biasa, belajarlah banyak bahasa selagi masih muda.”
SIAP PAK, BU!!!

Leave a Reply

