Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Best Friend?

on February 21, 2013

Suatu sore saya tengah berbincang dengan teman, lalu teringatlah dia dengan pertemuan siang tadi dengan teman saya reni. Lalu saya bilang ke teman saya itu, “Reni is one of best friends I ever had”. Lalu dia bertanya seketika, “What is a best friend like? Sahabat terbaik itu seperti apa?”

Wahaa…kalau ditanya soal definisi, maka saya akan langsung bingung. Saya termasuk orang yang dengan mudah mengatakan bahwa he is my best friend, she is my best friend, they are my best friend. Lalu mengapa seseorang bisa dikatakan sebagai best friend ya?

Hmm…mungkin ini beberapa poinnya:
1. Orang-orang yang melewatkan banyak waktu bersama kita, misalnya teman sebangku atau teman sepermainan dan jadi akrab yang akibatnya saling membantu, saling memahami, dan saling-saling yang lain
2. Orang-orang yang menghadapi kesulitan bersama kita, misalnya teman di lembaga, teman di pramuka, hehe
3. Orang-orang yang punya karakter yang sama sehingga punya hobi yang sama dan punya visi misi yang sama
4. Orang-orang yang tidak pernah bertemu dan tidak pernah bersama tapi punya gaya hidup, kegemaran, dan keanehan yang sama lalu saling berkomunikasi misalnya lewat dunia maya lalu keduanya saling memahami
5. Orang-orang yang sama-sama freak dan bersatu
6. Orang-orang yang berbeda tapi disatukan oleh takdir dan saling melengkapi

Nah, bicara soal reni (keluarga saya sangat berterima kasih kepada reni karena dialah yang selalu ada saat saya butuhkan saat keluarga saya tidak bisa membantu, hehe).
Kenapa saya dan reni bisa menjadi sahabat? Dilihat dari sifatnya, saya dan reni termasuk orang yang sama-sama keras, sama-sama suka mengatur, dan sama-sama perfeksionis tapi ketika bersama kami bisa saling mengalah. Dari segi aktivitas, saya ikut banyak organisasi dan reni menjadi mahasiwa tulen yang punya aktivitas ngelesi dengan jam terbang yang tinggi, tapi kami selalu punya waktu untuk dihabiskan bersama. Saya dan reni bermimpi bersama dan kami saling menyemangati hingga akhirnya mimpi kami terwujud meski dalam waktu dan kesempatan yang berbeda. Saya orang yang sangat pelupa dan teledor sedangkan reni orang yang sangat sabar dalam menghadapi saya. Saya orang yang galauan dan reni orang yang jleb jleb dengan pendapatnya, tapi saya tidak pernah merasa tersinggung dengan kata-katanya karena itulah yang jujur. Sahabat itu yang selalu ada walau tidak berbentuk kehadiran fisik. sahabat itu yang membuat kita merasa aman. sahabat itu yang membuat kita selalu merasa bersyukur. sahabat itu yang kita sebut dalam doa kita. Kebersamaan bersama reni cukup 4 tahun, tapi cerita dan persahabatan kami tidak akan berhenti 4 tahun itu, akan tercipta cerita-cerita selanjutnya. Karena kami tidak mengerti bagaimana takdir akan membawa kami…

Sahabat-sahabat saya yang lain adalah FF (Friends Forever) yang tergabung sebagai alumni dewan ambalan dan dewan kerja PMR, kebersamaan kami sudah tujuh tahun lamanya dan selama tujuh tahun itu saya yakin dengan mereka bahwa bersama mereka saya merasa aman dan nyaman.

Pada akhirnya, sahabat itu bukan soal berapa lama waktu yang kita habiskan bersama tapi sahabat itu soal rasa dan hati. Soal rasa itu akan semakin dalam ketika kita tidak bisa mendefinisikannya. Sama seperti cinta, true love in undefined love “Cinta yang sesungguhnya adalah cinta yang tidak dapat didefinisikan”.

Sudahkan kita mencintai sahabat kita? Sebut dalam doa kita yuk! Kan kalau cinta suka disebut-sebut. Nah saya punya tips nih, dalam mendoakan teman gak usah disebut satu per satu (kecuali kalau ada keperluan tertentu sih ya) sebut saja “teman-teman sekelas”, “teman-teman SMA”, “teman-teman SMP”, “teman-teman BEM”, dan lain-lain. All in one kan?

Leave a Reply

