Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Sebuah Kombinasi

on February 12, 2013

181317_2195718709584_1311443163_nPernah berdoa tapi gak kunjung terkabul? Apakah sudah ada usaha nyata untuk mewujudkannya? Coba kita cek lagi… sore ini saya dapat pelajaran bahwa terkabulnya doa itu adalah kombinasi dari doa itu sendiri dan kesungguhan untuk mewujudkan doa tersebut dengan usaha kita sendiri. Misalnya tiap hari saya berdoa supaya bisa keluar negeri, tapi saya gak pernah apply beasiswa, gak pernah nabung, gak buat paspor, gak cari info-info peluang ya pada akhirnya sama aja hanya berdoa sampai bosan nantinya.

Kalau sudah berdoa dan berusaha tapi masih gagal juga bagaimana dong? Allah itu tidak pernah dzalim artinya memang yang kita usahakan itu bukan yang terbaik untuk kita bisa terwujud atau memang timingnya belum tepat. Misalnya dulu saya pengen banget masuk UGM tapi gak bisa dan pada akhirnya saya terdampar di UNS. Di UNS ternyata saya bisa mendapatkan banyak kesempatan yang belum tentu saya dapatkan kalau saya di UGM. Hal-hal yang belum tentu inilah yang seringkali membuat kita galau, padahal apa susahnya menikmati dan mensyukuri apa-apa yang sudah ada, iya kan…soalnya kalau kita tidak mempunyai ‘ini’ sekarang tidak ada jaminan juga kalau kita akan mendapatkan yang lebih baik kan, jadi ya syukuri dan jalani saja apa-apa yang sudah pasti. sepaket? Dan ternyata Allah benar-benar pemilik timing yang paling tepat. Tidak pernah membayangkan akan bisa S2 di UGM malah saya pada akhirnya terdampar S2 di UGM. Artinya mimpi saya dulu tidak pupus tapi diganti timingnya yang lebih tepat. Mantap kan! Dan saya mensyukuri banyak hal, syukur yang lebih banyak dari sebelumnya.

Kembali ke laptop. Seperti halnya jodoh, kalau kita cuma berdoa tapi mengurung diri di kamar terus bagaimana bisa ketemu jodoh coba? (tapi mungkin juga ding, hehe). Teman saya mas figur pernah bilang, ‘aku gak mau banyak gaul ah dhik, nanti malah ketemu jodoh.’ Ternyata kata-kata itu benar semakin banyak kita bergaul maka ancaman bertemu jodoh semakin besar. Nah, sore ini saya mendapat PR dari dinda untuk menemukan satu mahasiswa jurusan bahasa Korea untuk dikenalin ke dia, biar dia bisa cas cis cus begitulah (padahla saya sudah ngenalin dia ke dua dosen bahasa korea, hyuuuh masih kurang ya din?haha). Dan hey…..Allah memang benar-benar baik, saat saya hampir putus asa, sore ini saya bertemu dengan teman-teman AICT dan hey…..salah satu diantara mereka adalah mahasiwa bahasa Korea yaitu si Putri dan dia baik banget orangnya, hehe. Jadi seneng deh, gara-gara ikutan AICT dan gara-gara menembus hujan sore tadi jadi ketemu Putri dan bisa membantu Dinda. Itulah kombinasi antara doa dan usaha nyata! Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?! Saya jadi semakin optimis dalam hidup lho. Dan saya jadi semakin percaya bahwa hidup kita ini sudah dibuat dengan sempurna oleh Allah, la tahzan…jangan bersedih. Emang bener banget kata mas adi, ‘nikmati saja, jalani saja.’

Leave a Reply

