Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Kendalikan Diri

on February 12, 2013

wise-words-quote-pjlighthouse-10Semangat 45 boleh banget dan sangat disarankan, tapi terlalu bersemangat itu tetaplah tidak baik. Itu sangat lebih baik dari malas dan ogah-ogahan. Tapi…sesuatu yang TER-LA-LU biasanya akan menimbulkan dampak negative lho. Saya dulu pernah terlalu semangat belajar. Pagi siang sore malam belajar. Tapi…pas ulangan nilai saya 6! Saya langsung putus asa waktu itu, malas melakukan apapun. Pada saat saya belajar sangat serius tapi kenapa malah nilainya jelek??? Dulu pas saya belajarnya biasa aja malah nilainya bagus-bagus! Jadi kesimpulannya adalah: kalau mau dapat nilai bagus jangan belajar terlalu serius, hehe (ini kesimpulan yang lumayan ngasal, jangan dipercaya sebelum direnungkan lebih mendalam). Jadi, belajar seperlunya saja…kalau pingin dapat nilai 6 ya belajar seperlunya saja, kalau mau nilai 10 ya belajar seperlunya saja yang jelas lebih serius dari nilai 6, sepakat?

Kalau kita terlalu bersemangat maka kita akan meninginginkan hal yang tinggi-tinggi, yang sempurna, pokoknya gak mau banget kalau sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dan disaat yang sama kita melupakan kuasa Tuhan dalam usaha kita. Kita menuhankan usaha kita, menuhankan kemampuan diri kita sendiri. Dan kita tidak siap dengan kegagalan. Terlalu bersemangat juga akan membuat seseorang terlalu percaya diri sehingga yang dilakukannya seringkali menjadi salah. Dulu saya pernah ikut lomba senam. Waktu itu saya amat sangat pede sekali dan sempat bilang ke teman-teman saya, “Santai teman-teman, anggap aja yang lain semut. Kita pasti menang!” dan tahukah apa yang terjadi setelahnya, saya waktu itu sebagai pemimpin regu, melakukan dua kali kesalahan waktu senam, dan bayangpun pemimpinnya paling depan salah-salah, OMG! Setelah itu saya menangis dan minta maaf ke teman-teman sekaligus menyesali sikap saya yang terlalu percaya diri dan tidak bisa mengendalikan kePDan saya serta menganggap remeh tim lain. Astagfirullah, setelah kejadian itu saya benar-benar belajar untuk merasa tidak lebih baik dari yang lain, tetapi harus melakukan yang terbaik. Baru-baru ini adik sepupu saya sedang latihan menyetir mobil, usia SMP yang pastinya sedang semangat-semangatnya dan maunya nyetir terus…sampai gak mau digantikan padahal statusnya dia masih latihan. Dan tahukah apa yang terjadi? Kemarin dia nyerempet sampe bagian depan mobil agak penyok. Begitulah akibatnya kalau terlalu bersemangat…jadi, kendalikan diri, kendalikan kePDan, kendalikan hawa nafsu, dan kadang berpikirkan bahwa kita tidak sebaik itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: