Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Bergantung Pada Orang lain

on February 12, 2013

Ternyata salah satu hal yang paling tidak menyenangkan dalam kehidupan ini adalah bergantung pada orang lain. itulah mengapa bapak ibu guru kita selalu bilang untuk bekerja sendiri, jangan tanya teman, percaya pada diri sendiri (waktu ulangan biasanya begitu kan ya). Itu emang bener banget karena kalo misal kita sering tanya ke orang lain nih ya, bisa jadi selamanya kita tidak pernah benar-benar mengerti. Misalnya dulu pas ujian soal A kita tanya ke teman dan ternyata jawabannya benar. Nah, di lain kesempatan murid kita atau dosen kita tanya tentang A itu tapi kita gak paham dan gak bisa menjelaskan, kan ngeri jadinya kalau begitu. Mending belajar serius dan pahami dengan baik supaya yang kita dapat itu benar-benar mewakili diri kita biar gak terjadi kebohongan publik, hehe.

Contoh lain betapa bergantung pada orang lain itu gak enak adalah waktu nunggu jemputan teman hehe. Saya sering minta jemput teman di stasiun dan kadang kan teman pas gak longgar de el el yang artinya kita harus nunggu yang artinya waktu kita terbuang yang artinya kita jadi less productive. Termasuk dalam hal ini adalah soal pinjam meminjam yang mengharuskan kita membutuhkan orang atau mungkin minta bantuan ke orang lain, jadinya kan kita gak bisa mandiri dan kehidupan kita secara tidak langsung bergantung pada orang lain, rasanya gak enak banget. Jadi, sejauh kita bisa melakukan hal-hal sendiri tidak perlu bergantung pada orang lain, begitu maksudnya.

Bagaimanapun kita adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan orang lain, tapi jangan lantas menjadikannya kambing hitam untuk selalu menggantungkan diri kepada orang lain. kasihan kan orang lain yang kita gantungin itu, kan hidupnya juga jadi berat. Kecuali kalo emang dia orangnya baikkkk banget. Jadi, mari biasakan diri lebih mandiri.

246784_1833105075862_1487471300_31765240_1533787_n

Tuhan tempat kita bergantung pun tidak akan mengubah nasib seseorang sebelum seseorang itu mengubah nasibnya sendiri alias berusaha sendiri dengan sebaik-baiknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: