Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Sabar dalam Ibadah

on February 6, 2013

Entah ini benar atau tidak, hehe, saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, kalau salah atau kurang tepat mari diluruskan bersama 🙂
Bahwasanya kesabaran itu bukan hanya ketika menghadapai ujian dari Allah, namun juga sabar dari gangguan orang lain, dan bisa juga sabar dalam beribadah. Nah, kali ini saya mau curhat tentang sabar dalam ibadah, bagaimana maksudnya? Pernah gak waktu kita sholat itu rasanya pengen cepet-cepet selesai sehingga surat yang dibaca pendek-pendek, gerakannya kayak jungkat-jungkit, hehe. Kenapa sih pengen cepet-cepet? Bisa jadi karena acar TV lagi bagus, karena lagi seru-serunya ngobrol sama teman-teman atau keluarga sehingga pengen cepat kembali ke obrolan, atau mungkin ada yang sedang menunggu kita, atau karena tugas lagi numpuk bisa juga, nah lho…akhirnya solatnya dibuat cepet agar tidak mengganggu aktivitas yang lain, whaaa…parah…

Nah, disinilah perlunya kita belajar kesabaran dalam beribadah. Sabar untuk mengendalikan hawa nafsu sehingga seluruh jiwa dan pikiran kita hanya fokus untuk ibadah, dalam hal ini katakanlah ibadah sholat. Berapa lama sih sholat? Paling lama 10 menit kan, sementara ngobrol itu masih bisa berjam-jam dan bisa disambung lain waktu, nah kalau solat kan harus saat itu juga. Lagi, apa kita tega solat seadanya begitu sementara Allah sehari itu sudah memberikan nikmat yang banyaaaaaaakkk banget ke kita, teganya hawa nafsu kita seenaknya memaksa kita untuk solat (salah satu ungkapan syukur) seenaknya… ingat, hawa nafsu itu kalau diturutin gak ada habisnya dan banyakan negatifnya… (kecuali hawa nafsu yang baik, kan selama ini hawa nafsu diidentikkan dengan yang negatif2, hehe).

Sabar dalam ibadah… sediakan waktu yang lebih panjang sehingga sholat kita semakin nikmat dirasa. Sholat itu kalau dilaksanakan dengan santai badan akan terasa nyaman. Saya kalau lagi capek terus sholat itu rasanya sendi-sendi jadi lemas lagi, membantu menyegarkan badan. Kalau sholat kilat kan malah dapet capeknya aja, hehe.

Kita kan sudah sedikit lebih dewasa masak surat-surat yang dibaca sama kayak anak SD, gak ada peningkatan dong, hehe. Ini lagi nih, yang butuh kesabaran, dzikir sehabis sholat, seringkali kita (saya) gak dzikir dengan baik atau khusyuk bahkan kadang lupa berdoa atau sengaja tidak berdoa “kan Allah sudah tau permintaan saya, Dia kan maha mendengar dan maha mengetahui” wuaaaa….plak!!! enak banget ngomong begitu… dzikir itu kalau dilakukan dengan santai rasanya nikmat banget lho, jadi rileks lagi hati dan pikiran, terus lagi pas kita berdoa dengan hati dan pikiran yang rileks itu rasanya nikmat banget serasa minta langsung kepada Allah, maksudnya bicara langsung empat mata begitu. Jadi, sabar dalam ibadah itu gampangnya bisa diartikan mengendalikan hawa nafsu kita untuk fokus kepada ibadah saja.

Nah, sekarang ni, sabar ketika berdoa juga perlu. Kadang kala (saya) mengablank mau berdoa apa, sehingga doa yang terpanjatkan juga yang biasa saya ucapkan saja, tidak ada kehadiran hati dan pikrian disitu, cuma hafalan gitu, padahal doa setelah sholat itu ijabah lho, sayang banget kalo doanya gak serius. Maka dari itu mari berusaha berdoa dengan ikhlas, dengan sepenuh hati dan pikiran, menghayati apa yang kita minta, jadi doa kita lebih mantap dan hati kita lebih yakin. Dalam berdoa juga jangan kepedean akan langsung dikabulkan, tapi jangan pesimis juga bakalan ditolak, yang benar ketika berdoa itu adalah antara takut dan harap, dan akhirnya adalah kepasrahan. Yakin Allah akan memberi kita yang terbaik, apalagi kalau kita selalu mempersembahkan ibadah yang terbaik. Dahulukan Allah sebelum yang lain 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: