Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Aku dan Tuhan

on November 20, 2012

Hari ini ketika kuliah filsafat, presenter berkata: ” Kalau kita orang Islam misalnya, jangan bertanya pada orang lain apakah dia solat atau tidak, tapi ajaklah dia solat.” lalu, “Urusan agama adalah urusan masing-masing individu dengan Tuhan”

Oke, mari berpikir. ternyata di mesin pencari google, informasi yang paling banyak dicari adalah “What is God?”, entah berapa jumlah orang yang beragama dan atheis di dunia ini, tapi fakta ini mengimplikasikan bahwa sebenarnya orang-orang terus mencari apa atau siapa Tuhan itu? bahkan mungkin agama pun tidak cukup menjawab keingintahuan dan ketidakpuasan mereka, ya..manusia diberikan akal dan hati untuk berpikir, mencerna dan mencari. Setiap manusia mengalami perjalanan spiritualnya masing-masing. Mereka (muslim) yang rajin solat mungkin memang karena dia sudah yakin seyakin-yakinnya dengan agama dan ajaran Islam, sementara muslim yang lain yang tidak pernah solat, menurut saya, jangan langsung divonis kafir atau tidak taat atau apa, karena kita hanya melihat sebagian sisi dari orang lain itu. kita mungkin melihat siangnya sibuk dengan segala aktivitas duniawi, tapi kita tidak pernah tau bagaimana dia menghabiskan malamnya bukan? kita mungkin melihat dia berbicara biasa banyak secara lahiriah, tapi sungguh kita tidak bisa melihat bagaimana hatinya saat itu mungkin sedang berdzikir jauh lebih serius dari mereka yang rajin solat. Saya menemukan sendiri beberapa fakta, mereka yang meninggalkan solat sebenarnya paham dan mengerti tentang solat, tapi mereka tidak berpikir seperti kebanyakan orang, mereka sedang mencari dan begitulah cara mereka melalui proses pencarian mareka itu.

Jadi, dengan siapapun dia, apapun agamanya, taat atau tidak, saya memilih tetap menjalin hubungan baik, karena pasti ada pelajaran dan hikmah yang bisa kita dapat. kembali pada yang pernah saya katakan bahwa Allah mempertemukan kita dengan orang lain itu bukan tanpa tujuan (selama mereka tidak memusuhi kita). Minimal bisa tetap berhubungan baik, maksimalnya kita bisa memperbaiki diri dan memperbaiki orang lain, bahasa kerennya mewarnai atau menjadi jalan hidayah (wah…berat…), silakan dicari kata-kata yang pas ya!hehe

Baik, pada akhirnya urusan manusia dengan Tuhan adalah menjadi urusannya dengan Tuhan sendiri. Orang lain, cukuplah memahami pada batas-batas yang selayaknya, tetap berbaik sangka dan bertekad membawa perbaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: