Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Pahlawan

on November 9, 2012

Bagiku…pahlawan itu…ya teman-temanku yang rela menunda kelulusannya untuk berkorban, membangun kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat dan banyak orang lain. juga adik-adikku yang tidak pulang kampung untuk membersihkan pos kamling di belakang kampus untuk rumah baca katanya, mencari donasi dari sini sana, dan ubet untuk terciptanya mimpi kecil itu, mimpi yang mereka bangun bukan untuk mereka sendiri.

Pahlawan itu…bisa jadi guru-guru dan dosen-dosen yang telah membimbing kita sampai bisa seperti sekarang. lepas dari banyak hal yang mungkin tidak kita sukai, tapi mereka adalah orang-orang yang sangat berjasa dalam hidup kita. setidak suka apapun, nyatanya kita tetap bisa mengambil pelajaran bahwa ternyata sifat-sifat yang seperti itu tidak disukai oleh siswa sehingga kita bisa menghindarinya kelak kita ada di posisi yang sama.

Pahlawan itu orangtuaku, yang mencintaiku sepenuhnya, kurang dan lebihku. tetap mendukung dan menyemai harapan indah setiap saat, bahwa kehidupan itu baik. tidak meminta lebih, hanya agar aku menjadi sukses (sebuah kata susah didefinisikan, cukup dilakukan saja)

Pahlawan itu bisa jadi Reni, hahaha, yang selalu memberiku semangat untuk memaafkan diri sendiri, menyediakan ruang dan waktu untuk kecerobohan dan keinginan-keinginan aneh. yang memberi nasehat menghujam lantas menyadarkanku dari kebodohan.

Pahlawan itu para atlet yang merelakan masa depan gemilang (dalam benak banyak orang) untuk bisa mengumandangkan Indonesia Raya. dibangga-banggakan bila pulang dengan kemenangan dan dikatakan buruk bila harus kalah, padahal yang mengatakan itu hanya duduk didepan tivi dan berteriak-teriak.

Lalu, berujung pada pahlawan yang sesungguhnya, yang sering diperingat setiap tahunnya, pejuang kemerdekaan bangsa ini.

Tuhan, semoga para pahlawan yang jasadnya terkubur di TMP atau tidak saat ini sedang menikmati indahnya perjuangan mereka. terima kasih merah putih telah Kau ijinkan berkibar hingga sekarang berkat darah dan niat suci mereka. Tuhan, semoga kami tidak durhaka dengan perjuangan mereka, ketika banyak yang menyangka bahwa Indonesia kian terpuruk, aku hanya bisa berharap, mereka yang mengatakan itu juga telah dan tengah melakukan perbaikan untuk negerinya, menjadi pahlawan bagi negerinya.

Pahlawan kecil yang menyalakan lilin dalam gulita. setidaknya menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri.

Selamat hari pahlawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: