Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Honour

on October 16, 2012

Kemarin, salah seorang teman memberikan sesuatu kepada saya dengan dua tangannya, sambil berkata, “nih, aku kasih pake dua tangan…”, waktu itu saya hanya bilang terima kasih. Lalu, ada yang mengganjal dalam pikiran, memangnya kenapa kalau memberi dengan dua tangan? kebetulan saya lupa menanyakannya,
Lalu, saya tanyakanlah pada teman saya, ternyata dalam budaya Asia Timur, memberikan sesuatu dengan dua tangan itu menandakan kesopanan. lebih dari sekedar memberi, tapi memberi dengan sopan. Wah, saya langsung GR setelah tahu maknanya…

Eits, tapi dasar teman saya orang aneh. Setelah itu dia memberi sesuatu lagi pada saya dengan 1 tangan, lalu saya goda: “ngasihnya kok pakai 1 tangan?” lalu, dia mengulurkan tangannya yang satu lagi, “oh, iya ini 2 tangan, aku tambahin kaki nih (sambil mengangkat kakinya juga)” hahaha… *bagian ini tidak penting sebenarnya, tapi lucu jadi saya menulisnya,

Hikmahnya adalah memberikan penghormatan pada orang lain itu sangat baik (dan penting) tanpa harus menjelaskannya dengan kata-kata. dan rasanya dihormati dihargai itu menyenangkan. tapi ada catatannya, kita juga harus menghormati dan menghargai orang lain ya… Tapi kalo sudah dihormati jangan lantas nglunjak (seperti saya), akhirnya dapat kaki deh, hehe

*jadi ingat ada teman saya yang lain yang selalu memberikan sesuatu dengan 2 tangannya, sekarang saya jadi paham apa maksudnya, perlu ditiru. Dan, jangan lupa mengucapkan terima kasih ya….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: