Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Jawaban Sebuah Pertanyaan

on October 1, 2012

Sahabatku, aku benar-benar tak tahu harus bagaimana memulai. Sore ini matahari sudah terbenam dan aku teringat akan satu pertanyaan.

Bagaimana aku harus menjawabnya? Aku tak punya kompetensi untuk terlalu dipercaya dan kepekaan untuk bisa memilih sesuatu yang baik, seringkali yang aku bisa hanyalah memilih apa yang aku suka.

Selalu ada kesempatan kedua, tapi tidak akan aku maafkan apabila harus ada penyesalan kedua, pikirkanlah…

Sejak dulu, kita diajarkan untuk menanam kebaikan untuk kehidupan akhirat kita, manakah yang lebih memberi pupuk untuk kesuburan tanaman-tanaman di ladang kita?

Apakah kebahagiaan menurutmu dan tujuan hidup yang hendak kamu capai?

Apa yang sebenarnya kamu cintai?

Aku tidak bisa menanamkan keyakinan itu, kamulah yang harus menumbuhkannya. Mungkin beberapa waktu kamu akan bergukat dengan banyak pertanyaan dalam hatimu, jawablah dengan sabar setiap pertanyaan itu. Mulailah menulis proposal kehidupan yang kamu inginkan, jelaskan jalan-jalan yang akan kamu lalui, tunjukkan hambatan yang mungkin kamu hadapi, dan tunjukkan strategi-strategi untuk menghadapinya. Hingga, tak ada alasan untuk tidak menerimanya.

Putuskan, sebelum nasibmu diputuskan oleh waktu dan hukum alam. Sejak itu, jangan pernah menoleh kebelakang, luruslah kedepan dan ingatlah mereka yang kau tinggalkan di belakang. Bayar kekecewaan dan kesedihan mereka dengan kebahagiaan yang setimpal. Berjanjilah, kamu akan benar-benar berusaha mewujudkannya dan tidak akan berhenti. Karena akan banyak halangan di depan sana, itu pasti!

Ya, tugasmu adalah benar-benar berusaha karena kedepan kita tidak akan pernah tahu bagaimana kehidupan kita akan berjalan, mungkin rumus kebahagiaan itu terwujud dan mungkin juga tidak justru karena itulah kita bebas berusaha sebaik-baiknya, mintalah agar diberi kelancaran tapi jangan menuntutnya. Lalu, apa yang akan terjadi nantinya? Kalau kamu masih menanyakan itu, diamlah saja jangan lakukan apa-apa karena untuk mengetahuinya kamu hanya perlu menjalaninya. Menjalani KEHIDUPAN, bukan novel yang bisa kita buat alur ceritanya. Apapun yang kelak akan terjadi, bayaran untuk usaha terbaik adalah hasil terbaik.

Bagaimana bila kamu tak sanggup memilih? Ikhlaskanlah hidupmu untuk menjalani KEHIDUPAN, Allah itu sayang dan banyak orang yang sayang padamu…

Di dunia ini ada sangat banyak jalan kebaikan, ada jutaan sumber kebahagiaan, bukan hanya satu… bukalah dirimu dan lihatlah dunia dengan kacamata yang lebih lebar dan bening…

Semoga aku selalu bisa menjengukmu dan kita akan bercerita banyak hal, bahwa aku dan kamu tidak pernah hidup sendirian.

Semoga Allah membimbing kita..

Leave a Reply

