Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

“Iuran” Kebahagiaan

on October 1, 2012

Kita tak pernah tau apa arti kebahagiaan bagi masing-masing orang, mungkin diri kita adalah sumber kebahagiaan pula bagi orang lain, itu ada dalam senyum kita, dalam tawa dan wajah cerah, mungkin juga dalam hadirnya fisik kita bersamanya. Dalam 24 jam waktu kita dimana kita seringkali sibuk dengan urusan sendiri, sadarkah kita bahwa dalam 24 jam itu pula ada tanggungjawab dan amanah untuk orang lain, diantaranya membuat mereka bahagia.

Mungkin kita tidak sadar membuang sejam usia kita untuk hal-hal yang tidak penting, padahal dalam sejam itu pula kita bisa membuat banyak orang bahagia sampai gila. Sejam itu bila kita nikmati sendiri, mungkin tidak ada artinya, tapi 15 menit saja ketika kita memberikan sedikit saja kebahagiaan bagi orang lain, kita tidak akan pernah tau sebesar apa 15 menit kita untuk mereka.

Ketika kita tahu banyak hal dan mulai memahami tentang hidup, diluar sana mungkin masih banyak yang mencari, dan sejak saat itu kita punya tanggungjawab untuk berbagi.

Setiap orang mempunyai rumus kebahagiaan mereka sendiri. Bisa jadi kita sering secara tidak sadar membuat orang lain bahagia dan membuat mereka ingin merangkainya lagi bersama kita, namun berlalu begitu saja karena kita tidak menyadarinya. Begitu pula dengan orang lain, mereka seringkali tidak sadar telah melukiskan kebahagiaan bagi kita dan kita ingin selalu ada bersama mereka untuk terus berbahagia, sadarkah kita mereka juga telah memberinya ke sekian banyak orang tanpa mereka sadari. Mereka punya rumus kebahagiaannya sendiri meski kita tidak masuk di dalamnya, dan kita punya rumus kebahagiaan kita sendiri dimana mereka menjadi unsur penting di dalamnya. Inilah realita, banyak pertentangan, tapi disinilah kita hidup, di realita. Bahwa di dunia ini tidak hanya ada kita, tidak hanya ada kebahagiaan kita, tidak hanya ada masalah kita, kita selalu beriringan dengan banyak orang. Yang perlu kita lakukan adalah saling menyapa lalu melihat dalam diri kita masing-masing…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: