Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Warna-warni Nurul Ashri :)

on September 17, 2012

Ini adalah nama sebuah masjid di dekat kampus UGM. disini ta’limnya rutin, dan saya bilang bagus. Bagaimana bisa dibilang bagus?

Yang pertama, dari segi pengelolaannya. kajiannya ontime dan jadwalnya sudah sangat terplaning. fasilitasnya bagus dan ustadnya berkualitas

Kedua, saya kagum dengan jamaah yang datang. kalau di kampus UNS kajian kampus yang datang adalah notabene akhi dan ukhty, tapi disini ada dari berbagai golongan, mulai dari akhi dan ukhti, yang mereka sebut sebagai “ikhwit” dan “ikhtong” pun ada, anak-anak kecil, ibu rumah tangga, ibu-ibu paruh baya, dan simbah-simbah. yang terakhir ini yang selalu membuat saya damai, rasanya indah sekali, di masa tua masih bisa menghadiri majelis-majelis ilmu. Semoga kelak saya pun bisa seperti itu, amin… usia panjang dan berkah…

Ketiga, diitegrasikan dengan rumah tahfid. Adalah tempat anak-anak menghafal Al-Quran. Saya kurang tau jumlah santrinya secara jelas, tapi kelihatannya cukup banyak. Poinnya adalah: saya hanya bisa iri setiap kajian mau dimulai akan ada tasmi’ dari adik-adik penghafal Qur;an. Saya pikir paling An-Naba atau An- Naziat (inipun saya masih banyak lupanya), tapi ternyata si adik adi (usianya sekitar 6 tahun) sudah hafal Al-Waqiah, Jleb!

Keempat, tanpa membawa bendera apapun, nyatanya masjid ini bisa ‘makmur’ bukan hanya jamaahnya tapi juga dana untuk pengembangan tentunya.

Disini juga saya banyak berkaca, selain dari simbah-simbah yang super (oiya, simbahnya juga masih mencatat kajian lho), saya juga becermin pada saudara sesama muslim. saya melihat ukhty-ukhty yang anggun, sopan, dan kalem. Lalu, saya melihat diri saya… Jleb 1. Saya melihat adik2 yang sudah menghafal banyak surat, dan saya… ?? Jleb selanjutnya… Ibu-ibu yang rapi dan bersemangat mengaji dengan mengajak anak-anaknya, padahal saya yang belum berkeluarga banyak malasnya, Jleb lagi.. 😦

Setiap tempat dan manusia (muslim) yang kita temui adalah cermin, adalah guru.

Leave a Reply

