Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Anak Orang Kaya

on June 3, 2012

Kalau sekarang kita punya banyak hal, punya banyak fasilitas itu adalah karena ada orang tua yang memberikannya. Mungkin juga masa depan seseorang aka lebih terjamin dengan gelarnya sebagai anak orang kaya. Pedidikannya terjamin, kesehatan, dan kebutuhan hidup terpenuhi. Tapi itu bukan satu-satunya penentu kehidupan seseorang di masa yang akan datang. Penentu kehidupan seseorang adalah diri mereka sendiri. Bagaimana dia memanfaatkan kekayaan orang tuanya untuk menjamin hidupnya sendiri di masa depan. Banyak anak-anak orang kaya yang tidak cukup kompeten karena mengira kekayaan orang tuanya akan menjamin kehidupan hari tuanya. Hidup itu bagai roda yang berjalan, kekayaan itu hanya titipan. Maka tidak ada pilihan lain baik itu anak orang kaya atau kurang kaya untuk bisa berdikari, mandiri dan mampu menanggung hidupnya sendiri. Setiap orang bertanggungjawab terhadap kehidupannya sendiri.
Mereka yang berasal dari keluarga biasa juga sama sekali tidak mempunyai alasan untuk merasa tidak akan sukses. Selama esok masih ada, maka esok masih menjadi misteri. Allah memberikan kebebasan berusaha bagi setiap orang untuk mengubah nasibnya. Masa depan itu suci, dan kita berhak menuliskan apapun untuk masa depan kita. Kalaupun orang tua tidak cukup kaya, tapi Allah maha kaya. Kalaupun tidak ada biaya dan fasilitas, selama kita masih punya kaki, bisa bicara, dan mau berusaha, maka harapan itu selalu ada.
Anak orang kaya itu hanya gelar sekarang, sedangkan masa depan itu tergantung usaha dan kualitas masing-masing. Jangan sombong dan jangan berkecil hati. Tidak perlu mencemaskan masa depan kalau kita menjalani kehidupan yang baik dan sungguh-sungguh dari sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: