Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

CELAH KEBAHAGIAAN

on May 10, 2012

Dalam keadaan sesulit apapun selalu akan ada celah-celah yang begitu banyak untuk membuat keadaan yang sulit menjadi indah dan penuh kesyukuran. Salah satu contoh yang sering dikatakan adalah sakit. Sakit adalah keadaan yang sangat tidak menyenangkan, tapi lihatlah bagaimana agama yang mulia ini memberikan ketentraman bagi mereka yang sakit: dosa-dosa berguguran. Inilah celah kesyukuran yang begitu besar. Dan lagi, sakit yang kita derita pastinya lebih ringan dari yang diderita orang lain diluar sana yang tak mampu bernafas sendiri atau bahkan antara hidup dan mati. Lalu, dalam kesakitan Allah masih memberikan nikmatnya melalui pelayanan dan perawatan dari keluarga, teman-teman sekitar, dan banyak lagi, udara, aliran sarah, degup jantung, hingga rahmat terbesarnya, beriman padaNya.

Allah tidak pernah benar-benar meninggalkan hambaNya untuk berjuang sendiri. Dalam satu ujian Allah membersamainya dengan dua bahkan lebih kemudahan. Tergantung bagaimana kemudian pikiran-pikiran kita mampu menangkap dan melihat kemudahan-kemudahan itu. Seringkali manusia terkubur dalam penderitaannya dan tidak menyadari bagaimana kehidupan begitu indah dan baik padanya. Selalulah melihat dengan cakrawala yang lebih luas.

Setiap kesulitan, ujian, kegagalan adalah sarana yang diberikan Allah agar kita belajar. Mana yang baik dan buruk, yang lebih efektif dan sia-sia, yang lebih sulit atau mudah, siapa yang bisa dan tidak bisa dipercaya, dan banyak lagi. Hidup ini ibarat sekolah. Pada awalnya kita tidak mengerti tentang penjumlahan, lalu kita mendapat teori tentangnya.

Tak cukup dengan teori kita harus mengerjakan soal-soal yang mudah hingga sulit untuk bisa lulus dari materi penjumlahan. Begitupun kita sering mendapata teori tentang kesabaran, berpikir positif, dan ikhlas tapi kita tidak akan benar-benar tahu hingga kita mengalami dan mengaplikasinnya.

Maka setiap kesulitan itu adalah jalan menuju diri kita yang baru, bertambah kedewasaan, kematangan berpikir, kepercayaan pada Tuhan dan diri sendiri adalah nikmat yang harus disyukuri.

Jangan lagi kita melihat rintangan dan masalah sebagai penghambat diri kita berkembang melainkan itu semua adalah sarana kita untuk benar-benar berkembang.
Allah tidak pernah meninggalkan hambaNya sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: