Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Pertukaran Pemuda Antar Negara Chapter 1

on April 16, 2012

Ini adalah program yang diadakan oleh Kemenpora setiap tahunnya. Pemuda-pemuda Indonesia akan dikirim ke Kanada, Australia, ASEAN-Jepang, Malaysia, dan Korea. Semuanya gratis dan dapat embel-embel DUTA INDONESIA. Kuotanya berbeda-beda untuk setiap propinsi. Pengeeeen….
Dan saya melakukannya. Jauh-jauh hari saya belajar dan menyiapkan semua berkas termasuk menghubungi alumni yang kebetulah temannya teman saya….cari-cari bocoran, hehe…. Ada beberapa berkas yang HARUS dibawa, antara lain:
1. KTP dilegalisir
2. KK dilegalisir
3. Foto ukuran postcard dan 4×6
4. Ijazah pendidikan terakhir
5. Surat pernyataan belum menikah (bermaterai)
6. Surat pernyataan belum pernah ikut PPAN (bermaterai)
7. CV
8. FC akte kelahiran
9. Sertifikat TOEFL
10. SKCK
Syarat tekahir ini ada cerita tersendiri. SKCKnya belum saya ambil di polres Sragen, padahal sore ini saya harus ke Semarang. Tuing2…. Beruntung Allah mengirimkan teman-teman yang super baik, SKCKnya diambilkan Elsana jadi saya tidak perlu muter-muter ke Polres dan hanya perlu menunggu di terminal….(saya naik bis karena sudah capek menggila beberapa hari terakhir). Sebagai orang sragen yang kuliah di Solo, ini adalah perngalam pertama saya naik bis Sumber Kencono Solo-Sragen dan pertama kalinya memasuki terminal Sragen, jadi peristiwa SKCK memberikan saya pengalaman baru…
Pukul 17.30 saya diantar reni ke terminal Tirtonadi untuk menuju Semarang. Dengan bekal doa saya berangkat.
Seperti dugaan saya, seleksi ini akan dipenuhi dengan wanita-wanita cantik, wellmannered, berdandan, dan punya keterampilan yang baik, tambah lagi, memakai hak tinggi. Saya jadi sangat jauh dari ideal… Tapi ini bukanlah kontes kecantikan, ini adalah kontes kepemudaan, jadi saya santai saja walau dalam hati mulai pesimis…hehe
Test pertama:BERKAS. LOLOS….
Ada cerita unik, saya mendaftar untuk program Indonesia-Australia dan pendaftarnya ada 60 orang (yang hampir semuanya mahasiwa sastra inggris atau pendidikan bahasa Inggris. Baiklah kemampuan bahasa saya tidak bisa dibanggakan disini)
Test kedua: SELEKSI TERTULIS. GAGAL…. Wuaaaa….kenapa?
Ada tiga poin: bahasa inggris, pengetahuan Indonesia dan pengetahuan internasional. Untuk bahasa inggris aman…. Pengetahuan Indonesia ternyata cenderung mengerucut pada pengetahuan keJawaTengahan. Makanan khas Jawa Tengah, obyek wisata, kabupaten, kota dll… dan saya sama sekali tidak paham…. Maaf ya propinsiku tercinta… Sementara itu pengetahuan inetrnasional sangat luas cakupannya dari mulai sekjen ASEAN, film twilight sampai nama maskapai penerbangan Australia….
Saya akui kurang uptodate dengan berita-berita seperti itu. Akhirnya saya harus pulang lebih dulu… Alhamdulillah saya belajar hal baru dan bisa mengukur kemampuan saya sendiri. Bagi setiap orang yang mau mencoba ada 2 kemungkinan: SUKSES atau BELAJAR!
Dan benar saja yang lolos adalah mereka dengan ciri-ciri yang saya sebutkan tadi. Saya harus mengakui mereka tidak hanya menarik dan mempesona, tapi juga pintar. Baiklah saya sepertinya harus memperbaiki penampilan supaya lebih menarik (LHO!!!) tapi tetep syar’i… Yang terpenting lebih banyak belajar dan mengenal propinsi jawa tengah dan Indonesia dan Asean dan dunia….
Terima kasih PCMI Jateng atas kesempatan ini. Sampai jumpa di Seleksi Petukaran Pemuda Antar Negara Jawa Tengah Chapter 2 (kalau saya belum menikah…)…

Leave a Reply

