Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Hati-hati Memberi Masukan…

on April 16, 2012

Bagaimana rasanya ada diantara dua orang yang sangat berbeda karakter dan sedang terlibat perselisihan kecil. Tetap ditenag-tengah mereka atau kabur? Awalnya saya bertahan dan kemudian kabur…
Di satu sisi adalah orang dengan jalan hidup yang lurus, pandangan yang lurus dan prinsip hidup yang cenderung halus… Di sisi yang lain adalah dia yang telah mengalami ujian hidup yang berat dan hidup ditengah-tengah keluarga yang tidak terlalu menjunjung tata karma (baca: halus)
Siapa yang salah? Bisa jadi tidak ada, bisa jadi dua-duanya…
Didasari niat yang baik: memberikan masukan. Namun akan berbeda ceritanya dan caranya menyampaikan masukan pada orang lain yang berbeda-beda karakternya. Alih-alih diterima sebagai sebuah masukan malah bisa jadi dianggap pelecehan. Maka berhati-hatilah memberikan masukan. Tidak peduli bagaimana karakter kita, kita suka to the point atau bertele-tele, ada hati yang harus kita jaga. Ini bukan hanya masalah kita menyampaikan masukan, tapi bagaimana masukan itu bisa dianggap sebagai masukan. “Berkatalah dengan orang lain dengan bahasanya…” Cara saya berbicara dengan Reni, teman baik saya, akan berbeda dengan cara bicara saya dengan ibu dosen atau teman-teman BEM, atau bahkan orang yang baru dikenal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: