Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Kenapa Kita Dipisahkan?

on March 17, 2012

Tidak terasa saya sebentar lagi akan melangkah meninggalkan masa S1 yang penuh hip hip hore. Bukan hip hip horenya yang mau saya bahas disini, tapi saya akan berpisah dengan teman-teman yang selama 4 tahun terakhir mengisi hari-hari dan berjuang bersama menghadapi dosen dan tugas-tugas kuliah. Ya, empat tahun yang lalu kami dipertemukan dan sebentar lagi akan dipisahkan. Saya akan bertahan di Solo, lalu yang lain ada yang akan kembali ke kampong halamannya, ada yang merantau entah kemana, bahkan mungkin ada yang akan menjelajah dunia. Itu berarti kami akan berpisah dan entah kapan lagi akan bertemu lagi. sebenarnya tulisan ini diilhami obrolan ringan saya dengan Reni,

“Habis lulus mau kemana Ren?”
“Kayak’e mau ke Jakarta deh, kan ibukku mau diboyong kesana. Ibukku kan bertahan disini cuma nunggu aku lulus.”
“Yah, ntar kalo aku nikah kamu gak bisa datang dong…”
“Halah…nek omahmu isih sragen yo tak parani to…”

Dari situ saya menyadari ternyata visa saya bersama-sama dengan Reni hanya 4 tahun dan itu selalu terjadi sejak dulu. Visa saya berteman dengan teman-teman SD Cuma 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun. Setelah itu, kami dipisahkan dan masing-masing menjalani takdir dan hidupnya. Ditempat dan takdir yang baru itulah kami dipertemukan dengan orang-orang baru, belajar hal-hal baru, dan mengambil pelajaran hidup yang baru?

Jadi, kenapa kita dipisahkan?
Untuk saling mengenal, saling belajar, dan memperluas kemanfaatan. Allah menciptakan kita berbangsa-bangsa dan bersuku untuk saling mengenal . jadi perpisahan adalah gerbang untuk memasuki dunia yang baru, disana kita akan mengenal banyak orang lain dan belajar banyak hal.

Bayangkan kalau kita hanya mengenal teman sekelas untuk selamanya, pasti hidup ini akan sangat monoton, padahal dunia ini luas banget, manusia dia bumi ini banyaaaaaaaaaaaaak banget… Begitu pula ketika kita ada ditempat yang baru, tentunya aka nada semakin banyak orang yang kita temui, bila kita melakukan kebaikan disana maka akan semakin banyak manusia yang merasakan kemanfaatan dari kebaikan yang kita punya. Akan ada lebih banyak cerita, teman-teman kita yang dulu akan punya cerita yang bebeda-beda. Jika kita dipertemukan kembali, kita kan tambah ilmu pula… Dengan berpisah, kita akan memberikan hak saudara kita dan diri kita sendiri untuk berkembang…

Tapi, jangan lantas melupakan apa-apa yang sudah berakhir dan ditinggalkan. Teman-teman yang telah kita kenal adalah saudara yang harus kita jaga (silaturahimnya). Kan Allah menyukai orang-orang yang menyambung tali silaturahim… Menyambung tali silaturahim akan membuat kita semakin bersyukur, semakin meyakini cinta Allah (yang masih menjaga hubungan baik kita dengan teman-teman lama). Dan tentunya, bisa jadi tiket kita ke syurga.. (dengan niat dan aktivitas yang benar).

Jadi, mari menyambut perpisahan sebaik kita menyambut pertemuan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: