Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Ikut Organisasi itu KURANG KERJAAN!

on February 27, 2012

Kata-kata itu saya dapati ketika berbincang dengan seorang teman. Dia menanyai kami waktu itu satu per satu alasan kami ikut organisasi. Waktu itu dia menyimpulkan bahwa hanya sedikit mereka yang ikut organisasi benar-benar memaknai keikutsertaannya dalam organisasi. Bagaimana bisa? Karena banyak yang ikut organisasi UNTUK MENGISI WAKTU LUANG. Itu berarti selama ini dia kurang kerjaan sehingga menyibukkan diri dengan organisasi, it means organisasi hanya sebagai pelarian. Nah, apa jawaban saya waktu itu? Alasan saya berorganisasi adalah karena saya butuh dan saya harus mendapatkan banyak hal di kampus ini termasuk dengan berorganisasi. Kata teman saya jawaban saya CUKUP idealis. Baiklah…

Saya juga cukup sepakat dengan pendapat teman saya tapi tidak sepenuhnya. Memang bisa dibilang mereka yang hanya mengisi waktu dengan berorganisasi adalah orang-orang yang tidak kreatif dan kurang kerjaan. Tapi menurut saya fine-fine saja. Berarti pelariannya adalah hal yang baik (kalo organisasinya baik lho ya), bukan cuma tidur di kost atau nonton film dari pagi sampai pagi lagi. Jadi mereka harus dihargai juga. Jujur, waktu itu saya kurang suka dengan cara teman saya memberikan judge terhadap teman-teman saya yang lain. Tapi ya begitulah, karena teman saya memang berhak mengatakan itu (udah kerja sih dia, jadi suka-suka aja kalo bilang kami kurang kerjaan, hehe). Meskipun, mereka yang ikut organisasi karena kurang kerjaan, keikutsertaannya dalam organisasi pun hanya sebatas “agar waktunya terisi”. Sayang ya…

Kenapa sayang? Kalau cuma mau mengisi waktu luang bukan di organisasi tempatnya (menurut saya). Organisasi terlalu indah untuk diisi oleh mereka yang hanya “mengisi waktu luang”. Maksud hati ingin berkata sesuatu yang idealis, tapi belum pantas rasanya. Saya sendiri, kenapa ikut organisasi? *mungkin bisa dibukan postingan saya yang dulu tentang 8 Alasan Berorganisasi, hehe… saya sendiri sering berpesan pada adik-adik saya,

“Organisasi adalah tempat belajar.Ikhlaslah untuk belajar. Dan belajar itu mungkin akan sangat melelahkan, tapi mereka yang mau
lelah yang akan mendapat banyak ilmu.”

Bukan berarti juga, organisasi adalah tempatnya kerja rodi…orang yang ikut organisasi pada akhirnya harus menjadi orang yang berbeda dengan mereka yang tidak terlibat. Bagaimana mau berbeda kalau yang kita lakukan sama saja dengan yang tidak ikut organisasi? Nah, bagaimana pula kita akan dapat ilmunya kalau kita cuma diam, tentunya harus bergerak dan yang namanya gerak itu pasti butuh energi kan.

Hal-hal yang saya dapatkan dengan bersedia bekerja keras antara lain:

1. Link ke PD3, soalnya PD3 yang paling sering saya temui. Awalnya grogi banget, lama-lama biasa aja. Awalnya saya harus nyari-nyari PD3, akhirnya PD3 yang nyari-nyari saya. Bisa juga dapet banyak kesempatan keluar kota misalnya kalau kita punya link dengan PD3. Nah, tidka mungkin bisa seperti itu kalau kita jarang ketemu kan. Sering ketemu berarti kita sering berusaha menemui beliau yang sibuk, menghabiskan waktu menunggu, bolos kuliah mungkin. Itulah yang saya sebut sebagai kesediaan untuk bekerja. Pada akhirnya, kedekatan dengan birokrat bisa sangat bermafaat termasuk diluar organisasi. Di organisasi yang lain yang lugu tentang “siasat” biasanya taat prosedur dan bingung, maka disitulah kita bisa berperan membantunya…

2. Produksi bulletin. Ceritanya, setelah pelantikan menteri saya sakit dan beberapa bulan kemudian dipanggil Allah swt. Saya? Waktu itu masih kecil, dari departemen kominfo dipindah ke sekjend dan langsung ditinggal. Setelah itu menjadi PJS sekjend. Apa yang saya bisa? Akhirnya, the power of kepepet saya waktu itu benar-benar galau tingkat tinggi. Gak bisa ngurusi adik2, mumet juga harus ngapain diantara menteri2 yang angkatan senior semua. Alhasil saya cuma bisa mempertahankan 2 staff yang bawa kesana kemari. Menyuruh mereka ini itu dan lebih banyak mengurus semuanya sendiri. Misalnya dalam produksi bulletin, saya hunting berita, saya ketik, saya desain sebisanya, beli kertas di pasar kliwon, membuat paper, masukin ke percetakan, ngambil ke percetakan, menata halaman dan menggabungkannya. Saya sering menangis waktu itu merasa tidak kuat dengan “cobaan” ini, tapi nyatanya senior juga tidak bisa berbuat banyak, mereka juga tidak menguasai perbuletinan. Hanya memberi semangat dan uang untuk operasional. Memangnya saya tahu tentang perbuletinan? Bahkan saya sampai sekarang tidak tahu seperti apakah criteria bulletin yang baik itu… payah…

3. Reparasi jam… untuk menghemat biaya dank arena sudah malam. Lagi-lagi the power of kepepet. Saya berhasil merenovasi jam dan membenahi mesinnya. Apa sekarang masih bisa? Sepertinya tidak, saya melakukannya serampangan dan asal jadi. Akhirnya pun jadi walau ya….. JADI-JADIAN!!!

4. Keluarga baru. Biasanya dalam organisasi yang akan menjadi sangat dekat adalah mereka yang sering BEKERJA sama (walau saya merasa tidak pernah bekerja sekeras mereka, hehe).

5. yang pasti public speaking and managerial sangat digembleng, belum lagi segala macam urusan yang membuat mumet *sekaligus mendewasakan dan mengajarkan banyak hal (emang bersama kesulitan itu ada kemudahan )

itu sedikit yang saya dapatkan, ya karena memang kontribusinya masih sedikit. mereka yang all out dalam organisasi pasti mendapatkan yang lebih banyaaaaaaaaaak dari ini

Nah, kembali ke pembahasan… beorganisasi untuk mengisi waktu luang. Okelah, saya sepakat dengan yang itu pada satu sisi daripada digunakan untuk sesuatu yang lebih buruk. Tapi di sisi lain sayang sekali kalau tenaga, pikiran, dan uang yang kita korbankan hanya bernilai “mengisi waktu luang”. Seharusnya ia bisa dimaknai lebih dari itu… organisasi adalah tempat kita belajar bukan cuma menghabiskan waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: