Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

FROM APG WITH LOVE

on December 21, 2011

Alhamdulillah, tugas di ASEAN paragames telah usai…rencananya mau nulis tiap hari tentang pengalaman di APG, tapi apa daya…bangun dini hari, berangkat, menunggu nina dan serdar, kerja di manahan, pulang dan tidur karena kecapean, alhasil nulisnya tertunda… anyway, berikut beberapa hal yang saya ingat dari 3 hari terakhir di APG. check this out!

1. Hari kedua Reni dipindah ke callroom 1, GILA. saya benar-benar ada di sarang penyamun bersama mas-mas POK, whaaaa….. *tapi untung saya penyamunnya baik-baik dan sopan2

2. Selama APG, rekan2 jadi lancar berbahasa Inggris, walau agak kacau, namanya juga kepepet 🙂
Yang penting pihak-pihak yang terlibat bisa saling memahami, hehe *Negara-negara asia tenggara kan bahasa Inggrisnya juga gak bagus-bagus amat…

3. waktu itu saya memanggil atlet T11, saya mempersilakan seorang atlet dari Indonesia,
“duduk dulu mas”
dijawabnya, “kursinya dimana ya mbak?”
dalam hati, ” aduh masnya ini aneh2 aja, paling cuma becanda. masak tinggal duduk aja manja”
lalu saya berjalan dan menyapa atlet yang lain, setelah itu saya mendekatinya lagi dan kembali menyuruhnya duduk,
“ayo duduk aja mas”
“kursinya mana mbak?”
lalu. seorang runner guide datang dan menggandenganya ke kursi.
Astagfirullah T11 adalah kategori BUTA TOTAL.
“maafkan saya mas…:( ”

3. Saya asyik mengobrol dengan atlet dari Brunai bersama mas awal. Dia ( si atlet itu) mengatakan bahwa dia mampu menolak peluru 25 m. motornya ada 78 dan mobilnya 46. Wow!!! keren…pasti ni atlit keren abis! Mas Awal yang orang POK pun terkagum2…
setelah si atlet pergi saya tanya.
“mas awal, itu tadi atletnya cacatnya apa?”
(mas awal kembali membuka catatan starting list, dan mengatakan….”
“pikun”
“APA???”

4. Saya :”What do you think of Solo?”
Mereka:
“HOT”
“Great”
“I love Solo… I wont back to Cambodia. I wanna live here, I will save my money and live here….I love Solo people..”
“I love it”
“terima kasih..”
“matur nuwun..”

5. Setiap ada atlet Indonesia saya biasanya menanyai dari mana asalnya, ternyata jawabnya adalah..
“tangen..”
“plupuh..”
“slogohimo…”
“matesih..”
ternyata orang-orang hebat ada di sekitar kita… atau jangan-jangan ada di dalam diri kita sendiri 😀

6. ESTAFET. saya pusing, disalahkan sana sini. banyak atlet dan semrawut. saya bisa membanyangkan betapa jeleknya wajah saya kala itu….panik dan marah2…
lalu, setelah itu mas ius datang,
“santai wae tin…tenang, tetap senyum…” (dengan memperlihatkan senyumnya yang dewasa, eeeaaaa)
*iya mas….hehe, tapi emang tadi keadaan gak kondusif banget! kurang orang pula

7. Nina, teman saya jatuh cinta dengan seorang runner guide Thailand. sampai-sampai saya diajak melewati ruang istirahat atlet berkali-kali hanya untuk melihat wajah masnya yang katanya cuakep (emang bener sih, hehe) , malunya…… dan hari ini (hari terakhir) Nina sampai menangis karena tidak akan melihat masnya lagi (alaydotcom…hehe)

8. Hunting pin. Saya dari awal tidak minat minta pin ke para kontingen, sampai pada akhirnya di hari terakhir ini….
sekonyong2 mas ius datang,
“dik, ayo temenin aku minta pin negara2..”
“emoh mas”
“ayo……kan kowe pinter basa Inggris”
“isin mas…..”
lalu, segerombolan teman2 POK datang dan memaksa ya…hyaaa…. *terpaksa jadi ujung tombak ke tenda-tenda kontingan negara-negara ASEAN, malu……

9. Hunting foto. HERAN melihat teman2 pilih2 banget fotonya, sama yang cakep2 tok….bukan sama atletnya tapi sama pelatih atau guidenya, padahal kan artisnya para atlet yang difabel itu, aduh…..dasar, sindrom wanita! lalu apa yang terjadi pada saya? sama saja, hehe…..tapi tetap saya tidak pilih kasih dalam foto, menghormati semua….mereka semua luar biasa! *soalnya agak gengsi sih kalo mau minta foto sama yang cakep, antri!!! Yang penting kan kenang-kenangannya bersama orang-orang difabel yang luar biasa

10. Timor leste mengirimkan atlet paling sedikit dan sangat tidak siap. saya menangis kalau melihat orang-orang timor leste, seakan sudah tidak ada harapan bagi mereka untuk menang, tapi mereka tetap datang dan bertanding, saya salut.

11. Tahu maskotnya APG? iya benar, si Modo dan Midi, ternyata bulu matanya Midi itu sepeti bulu matanya syahrini (anti badai, hehe) *refers to Midi yang ada di lobi utama stadion mahanan

12. Kami hanya mendapatkan satu buah kaos untuk dipakai selama empat hari, hehe…

13. Oiya, saya juga punya teman-teman baru disini (maaf kalau semuanya laki-laki, karena seperti saya bilang, saya ada di sarang penyamun yang baik hati dan suka membimbing ) antara lain: mas awal, mas ius, dik husein dan dik adip “marshall”, pak agustinus, pak atmojo, mas ridwan, mas andi, pak sinung, fandi, toni, mas kirno, modo-midi (saya gak tahu nama aslinya), dan satu orang bapak yang sampai sekarang saya lupa namanya (maaf ya Pak…)

14. Waktu itu saya berfoto dengan idolanya Nina, mas runner guide Thailand. Setelah foto, entah dengan maksud apa masnya bilang, “…as always..” *^#%@$!&*!^%@^!

15. Thailand adalah Negara dengan jumlah medali terbanyak di atletik, atletnya paling banyak, dan cakep-cakep, cantik-cantik, keren-keren…

itulah sejauh ini yang saya ingat (namanya juga pelupa..) tapi saya ingin mengatakan beberapa hal penting berkaitan dengan pengalaman sata di atas:

1. Tuhan itu maha adil. Dia memberikan kekurangan pada fisik atau IQ mereka, tapi mereka mampu berprestasi. maka bersyukurlah

2. Orang-orang hebat itu ada di sekitar kita bahkan dalam diri kita sendiri, hanya saja kita terlalu sering melihat negatifnya dulu, padahal kebaikan manusia itu pasti lebih banyak

3. Jangan melihat orang dari fisiknya saja!

4. Jadilah orang yang selalu memotivasi. saya salut dengan para pelatih, guide, dan para atlet mereka berusaha keras dan sangat menginspirasi…

Leave a Reply

