Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

RENDAH HATILAH

on December 13, 2011

Sebuah pesan yang saya dapatkan dari kegiatan Research Academy yang diadakan rekan-rekan LSP.
“rendah hatilah, sepandai apapun kamu,. Karena dengan rendah hati ilmu akan selalu datang padamu” kata bu Erna, pembicara kala itu.
Bisa jadi kita sudah tau segalanya, namun pastilah orang lain punya hal-hal yang belum kita tahu. Kalau kita sombong dan tinggi hati, pastilah orang lain mengira kita sudah tau segalanya dan dengan itu dia tidak akan membagi informasi pada kita. Dengan bersikap rendah hati, kita akan menjadi orang yang elegan dan mudah diterima, bahkan kita bisa tahu banyak hal dan merasakan banyak hal.

Kemarin saya pergi ke toko komputer bersama bapak dan ibu. Saya sebagai guide yang lebih tahu tentang komputer dibanding Bapak dan Ibu dengan PD memandu untuk memilih komputer yang bagus. Waktu itu ada pramuniaga yang mendampingi kami. Waktu itu saya merasa apa-apa yang dikatakan oleh pramuniaga tersebut sudah saya ketahui, bahkan saya tahu apa yang tidak dia jelaskan. Waktu itulah saya merasa tinggi hati, merasa tahu segalanya…bahkan saya tidak mendengarkan penjelasan dari pramuniaga. Waktu itu saya merasa bersalah dengan pramuniaga tersebut. Kalau saja saya bisa mengulang waktu saya akan menjadi pembeli yang baik. Pramuniaga tersebut punya hak untuk didengar dan saya punya kewajiban untuk menghargainya. Kalaupun saya tahu banyak informasi, pastilah ada hal yang belum saya tahu. Selain itu, saat kita tinggi hati biasanya raut muka juga jadi tidak enak dilihat, dan itulah yang terjadi pada saya. Saya sangat capek saat itu sehingga pasti selain kumut-kumut juga wajahnya kelipet-kelipet, astagfirullah. Hilang lagi pahala bermuka manis di depan orang lain.

Mari menjadi pembeli yang baik dengan menghargai pramuniaga!

Mendengarlah, kita akan tahu betapa kita banyak bicara!

2 responses to “RENDAH HATILAH

  1. I don’t commonly comment but I gotta tell appreciate it for the post on this perfect one :D.

Leave a Reply

