Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Dari hati, mudah diterima oleh hati…

on November 22, 2011

Ngomomg-ngomong soal timnas garuda, saya sebenarnya sudah lama ingin menulis artikel dengan judul ini. Sebuah refleksi yang saya rasakan di setiap pertandingan timnas dimanapun melawan siapapun. Saya melihat betapa rakyat Indonesia sangat antusias, larut dalam kegembiraan maunpunkesedihan bila gagal. Mereka mampu merasakannya. Berbeda dengan sikap rakyat terhadap pemimpin-pemimpin kita saat ini. Mengapa demikian? Saya melihat hal ini sebagai akibat dari motif kepemimpinan di Negara kita. Kenyataan yang seringkali muncul adalah seseorang menajdi pemimpin untuk berkuasa, bukan untuk melayani rakyatnya. Seakan-akan mereka tidak bekerja dari hati sehingga rakyat juga kurang bisa menerimanya dengan hati. Berbeda dengan kerja pemain timnas (saya sebut pemian timnas, karena saya agak ragu dengan pemimpin2 didalam organisasinya, hee), mereka terlihat bekerja secara natural dengan satu tujuan, kemenangan bagi bangsa Indonesia. Ketika satu gol tercipta, maka nusantara akan gemuruh oleh kebahagiaan, sedangkan saat presiden terpilih yang bersorai hanya orang-orang yang satu visi dengannya. Saat timnas kalah, maka Indonesia menangis, namun orang-orang malah beramai-ramai menuntut para pemimpin untuk mundur.
Di sinilah kita bisa melihat perbedaan semangat yang diawali untuk Indonesia akan diterima oleh Indonesia. Meskipun menang atau kalah, berhasil atau gagal akan tetap dicintai rakyatnya, karena mereka hanya memikirkan Indonesia. Kalau para pemimpin mampu memulai dengan niat lurus hanya untuk Indonesia dan benar-benar bekerja keras untuk Indonesia maka bukan tidak mungkin seluruh rakyat akan setia dan percaya dalam kondisi apapun. Kali ini saya belajar dari semangat para garuda untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia, lalu saya bertanya, apa yang bisa saya lakukan? Mungkin menjadi guru. Menjadi guru yang mengajar dari hati dengan murid-murid mampu lebih mudah menerima ilmu dan teladan. Apa yang lahir dari hati dan niat lurus akan mudah diterima oleh hati pula. Ya Allah, berikanlah kebahagiaan pada kami suatu hari di saat yang tepat saat kami mampu menerima nikmah berupa keberhasilan.

Leave a Reply

