Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

8 Alasan berorganisasi

on September 15, 2011

Ini bukan suatu keharusan atau pemaksaan, hanya sebuah refleksi diri yang selama ini saya alami. Organisasi sedikit banyak telah membawa dan membentuk saya jadi sekarang ini. Semua tantangan dan kebahagiaan telah menjadikan diri saya jiwa yang baru setiap saat. Tentunya disini konteksnya adalah organisasi yang jelas baik visi misi dan orang-orang didalamnya. Meskipun demikian orang yang tidak mau ambil pusing dengan organisasi belum tentu salah selama dia punya prinsip dan tujuan hidup yang jelas dan dia konsekuen dengan itu semua.
Diantara poin plus yang membuat saya yakin akan pentingnya organisasi adalah:
1. Persiapan di akhirat.
Saat ini kita sedang menjadi pemuda dan masa muda itu akan ditanyakan kelak di akhirat. Dengan mengisi waktu untuk berorganisasi insyaallah akan membantu kita ‘beralibi’ di hadapan Allah swt kelak. Demikian juga karya-karya kita selama di organisasi bisa menjadi penolong kita kelak diakhirat.
2. Organisasi itu ladang amal.
Sesungguhnya setiap amal itu tergantung niatnya. Kalau kita meniatkan segala aktiviats kita di organisasi adalah karena Allah semata insyaallah pahal itu di sisi Allah. Bagaimana bisa? Misalnya kita aktif di BEM maka niatkan untuk bisa paham politik dan mampu memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Bisa jadi amal jariyah itu. Misalnya juga organisasi keilmiahan bisa menjadi ladang amal dengan mencari jalan keluar dari berbagai masalah dengan kajian yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. It means kita juga berpeluang beramal jariyah disini.
3. Organisasi itu menjaga kita.
Dengan berorganisasi kita akan mendapatkan posisi dan tanggungajwab tertentu. Tanggungjawab itu secara langsung ataupun tidak akan sangat membantu kita dalam menjaga manajemen waktu kita, menjaga sikap kita dalam bergaul, bahkan penampilan kita.
4. Keluarga.
Organisasi adalah keluarga. Di dalamnya kita tidak hanya melaksanakan program kerja namun juga membangun sebuah keluarga. Hampir semua organisasi yang saya ikuti sejauh ini selalu berakhir dengan persaudaraan yang kekal, it means gak ada akhirnya.
5. Punya Jaringan.
Ini penting untuk hidup kita kedepan. Bagaimanapun kita adalah makhluk social yang tiadak bisa hidup sendiri, maka peran jaringan amatlah penting untuk membantu kita melancarkan segala hal di masa yang akan datang. Banyak saudara di banyak tempat akan sangat membantu.
6. Senantiasa termotivasi.
Dalam organisasi kita akan memenukan berbagai jenis karakter manusia yang mempunyai keunikan masing-masing. Saya punya teman yang totalitasnya luar biasa dalam berorganisasi dan itu menginspirasi. Saya menemukan teman yang harus bekerja keras membiayai kuliahnya sendiri namun tetap mampu berorganisasi dan saya sangat mensyukuri keadaan saya. Saya menemukan orang yang selalu kalah dalam perlombaan namun tidak pernah berhenti berusaha dan saya menemukan semangat untuk terus mencoba. Demikianlah saya menemukan orang-orang yang mempunyai ideology dan prinsip, keimanan dan ketaqwaan yang kuat, dan lain-lain. Allah menitipkan hikmah dan ibroh pada dan dari siapa saja yang dikehedakiNya.
7. Tangguh.
Banyak tantangan dalam organisasi itu pasti. Namun itu semua akan membuat kita menjadi orang yang tangguh dan mampu berpikir kreatif. Kesusahan dana misalnya akan memaksa kita mempunyai pengalaman berwiraswasta dan mencari mita sponsor. Kekurangan massa misalnya, membuat kita mampu menciptakan isu dan menggiring banyak orang. Kesulitan dalam negosiasi akan memaksa kita mempunyai skill komunikasi yang baik.
8. Kontributif secara lebih mudah.
Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain, hadist rosulullah saw. Selayaknya fitrah kita sebagai manusia maka menciptakan kebermanfaatan akan terasa lebih mudah kalau dilaksanakan bersama-sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: