Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Ramadhan itu Berlalu

on September 1, 2011

Ramadhan itu panjang, begitu pikirku saat suka cita menyambutnya di awal yang penuh berkah. Sebuah bulan yang dinantikan selama 11 bulan itu datang dengan berjuta harapan dan semangat. Ya… satu bulan lamanya.
Satu bulan itupun sudah hampir usai kini, di penghujung aku terkapar menengok kebelakang. Saat ramadhanku berisi rutinitas aktivitas dan ibadah dengan intensitas yang hanya sedikit lebih ditingkatkan. Ampuni hamba ya Allah, saat seharusnya ku memulai tilawah lebih giat, sholat malam lebih giat, menghafal dan berinfak saat itu pula terbersit pikiran, bukankah ramadhan masih lama dan masih banyak waktu untuk berbuat dan mempersembahkan ibadah terbaik, menunda dan akhirnya tertunda,
Di akhir ramadhan kini aku meratapi semuanya, tilawahku biasa hanya mencapai target, kalau saja dulu aku targetkan lebih banyak niscaya Allah memberikan kekuatan. Sholat malamku pun biasa saja, hanya bertambah sedikit kuantitas entah kualitasnya, semoga meningkat juga Ya Allah… infak dan hafalanku pun biasa saja, sepuluh malam terkhir kucoba mengejar kadar keimanan yang seharusnya sudah melejit. Kuberdiam di rumahMu Ya Allah bersama mereka yang berlari memperbaiki dirinya dibulan yang mulia.
Sungguh kerdil jiwa ini yang merasa berat dan tak mampu, padahal kekuatan itu milik Allah dan Dia akan memberikannya pada mereka yang bersungguh-sungguh, sungguh aku belum benar-benar bersungguh-sungguh. Sungguh picik hati ini mengira masih banyak waktu yang tersisa, padahal waktu berlari ketika kita masih enggan beranjak, kini yang tersisa hanya penyesalan dan peratapan.
Ya Allah, andai ramadhan lebih lama. Kini harus kumulai lagi kerinduan itu. Akan datangnya bulan yang mulia ini sekali lagi. Akankah masih diijinkan jiwa yang lalai ini untuk bertemu kembali? Masihkan ada waktu yang tersisa? Dan akankah diri ini akan benar-benar menjadi lebih baik?
Astagfirullah, semoga jiwa ini bukan jiwa-jiwa yang celaka di tengah kemuliaan ramadhan,,, Ya Allah, pertemukan aku dengan ramadhan lagi, ijinkan aku menjadi jiwa yang lebih mencintaiMu dan merindukan surgaMu yang agung…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: