Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

My First Research, ternyata riset itu mudah!!!

on August 21, 2011

BUKU PANDUAN BERPRESTASI “A GUIDE TO SUCCESS” SEBAGAI SUPLEMEN MOTIVASI BERPRESTASI ATLET MUDA CABANG SEPAKBOLA

ABSTRAK

Sepakbola merupakan olahraga yang paling digemari di Indonesia. Selain itu, sepakbola juga menjadi lambang persatuan bangsa. Indonesia mempunyai tim nasional sepakbola yang cukup tangguh di Asia Tenggara. Menjadi pemain yang hebat dan bisa bermain di tim nasional merupakan impian setiap anak bangsa. maka dari itu pembinaan atlet usia dini sangat digalakkan. Berbagai sarana dan prasarana dipenuhi untuk menunjang pembentukan atlet yang berkualitas. Namun, ada satu hal yang kurang mendapat perhatian, yakni motivasi berprestasi para atlet muda atau usia dini yang kurang optimal.
Penelitian ini mencoba memberikan gambaran motivasi berprestasi atlet muda cabang sepakbola. Penelitian ini juga mendeskripsikan suplemen seperti apa yang dapat diberikan kepada para atlet muda agar motivasinya tetap terjaga. Hasil dari penelitian ini dan ide yang muncul akan dapat memberikan manfaat bagi para atlet muda, sekolah sepakbola, dan pemerintah dalam rangka pembinaan atler sepakbola usia dini.
Penulisan karya tulis ini menggunakan metode penulisan analisis deskriptif-kualitatif, yaitu data yang diperoleh kemudian disusun, sehingga mempermudah pembahasan masalah-masalah yang ada. Data diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi lapangan, wawancara, dan kuosioner.
Hasil penelitian menunjukkan kondisi motivasi berprestasi atlet sebagai berikut: 1) siswa sudah mempunyai standar capaian prestasi yaitu cita-cita yang ingin mereka raih; (2) sebagian besar siswa yakin dapat meraih prestasi namun belum dapat mempunyai gambaran karir untuk meraih prestasinya; (3) semakin tinggi prestasi yang ingin dicapai siswa merasa tidak yakin;(4) siswa mempunyai pemain idola sebagai acuan namun tidak mempunyai cukup informasi mengenai perjalanan karir pemain tersebut sebagai panduan;(5) pembinaan terhadap motivasi berprestasi oleh SSB masih sangat kurang.
Berdasarkan hasil pengamatan, suplemen yang dibutuhkan meliputi: penguatan keyakinan dan motivasi, pandangan karir, dan motivasi untuk bangkit dari kekalahan. Pengaruh buku “A Guide to Success” bersifat suplemen dari luar yang tertuju pada pemantapan keyakinan berprestasi para atlet muda sehingga pengaruhnya dapat menjadi motivasi intrinsik.

Kata Kunci: suplemen, motivasi berprestasi, atlet muda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: