Stories of a Simple Life

Everyday is a story from which we can learn someday

Masalah, Beat it!

on August 18, 2011

Setiap orang punya masalah dan berhak mempunyai masalah. Aneh rasanya bila hidup ini tanpa masalah. Yang membedakan adalah sikap orang-orang dalam menyikapi masalah. Ada yang mudah putus asa dan menganggap masalah adalah akhir segalanya. Padahal bisa jadi masalah yang dihadapinya hanyalah kerikil kecil yang hanya menyakiti telapak kakinya. Lalu dia merasa masa depan akan dipenuhi dengan kerikil-kerikil tajam lainnya. Bukan. Masa depan akan dipenuhi batu-batu besar bukan yang bisa menyakiti seluruh tubuh. Maka tidak ada pilihan lain selain menyingkirkan kerikil-kerikil dan menyiapkan diri untuk menghadapi batu-batu besar.
Masalahnya, banyak yang hanya berharap kerikil-kerikil itu segera pergi. Berharap dan meminta pada Tuhan. “Tuhan, semoga ujian ini segera berakhir”, “Tuhan, berilah aku kekuatan untuk menghadapi ujian ini.” Sadar atau tidak, Tuhan selalu memberi dia kekuatan, namun agaknya manusia yang merasa dirinya lemah. Manusia punya otak, perasaan, tubuh, itu semua diberikan sebagai kekuatan. Maka, Tuhan menciptakan malam beserta pagi, matahari bersama bulan, penyakit beserta obatnya, dan tentunya masalah dengan jalan keluarnya.
Teringat kata-kata Mario Teguh, “Berharaplah setengah hati dan berusahalan dengan sepenuh hati.” Berdoalah kepada Tuhanmu dengan takut dan harap. Tapi juga harus diingat bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib seseorang kecuali orang itu merubah nasibnya sendiri. Demikianlah Tuhan menciptakan suatu pasangan yang serasi dalam hidup, kita berusaha maka aka nada hasilnya. Pasti. Berbicara mengenai hasil, semua orang berharap hasil yang membahagiakan, namun Tuhan lebih tahu apa yang kita butuhkan daripada apa yang kita inginkan. Jadi, hadapi masalah dengan optimism, bahwa Tuhan sudah menciptakan solusi. Namun, solusi itu tidak akan turun dari langit, kitalah yang menciptakan sendiri solusi itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: